Analisis kedisiplinan siswa XII OTKP dalam proses pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Banyudono
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi disiplin siswa dalam proses pembelajaran online dari kelas XII OTKP, (2) Penghalang-halangan bagi kelas XII OTTKP untuk disiplin dalam proses belajar online, dan (3) Upaya untuk mengatasi hambatan untuk kelas XII OPTKP yang disiplin pada proses pembelajaran on-line. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus. Sumber data terdiri dari pemimpin, guru, dan siswa Kelas XII OTKP, serta dokumen yang berkaitan dengan proses pembelajaran online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik triangulation. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) disiplin siswa dalam proses pembelajaran online kelas XII OTKP belum sepenuhnya diterapkan. (2) Penghalang yang dialami siswa untuk disiplin dalam proses pembelajaran online adalah: a) siswa tidak memiliki kuota internet, b) koneksi internet yang buruk, dan c) beban tugas harian yang terakumulasi. (3) Upaya untuk mengatasi rintangan yang dialami oleh siswa dalam bentuk a) menyediakan bantuan kuota internet dan wifi, b) menemukan lokasi di sekitar siswa yang memiliki cakupan sinyal yang lebih baik, dan c) memberikan ruang kerja bagi siswa yang terbatas oleh kuota dan sinyal buruk.
Kata kunci: disiplin siswa; jaringan internet; pembelajaran elektronik; pembelajaran online
Abstract: This research aims to find out (1) The condition of student discipline in the online learning process of class XII OTKP, (2) Obstacles for class XII OTKP to be disciplined in the online learning process, and (3) Efforts to overcome obstacles for class XII OTKP to be disciplined in the online learning process. This form of research is qualitative, using a case study approach. The data source consists of principals, teachers, and students of Class XII OTKP, as well as documents related to the online learning process. The sampling techniques used are purposive and snowball sampling. Test the validity of the data using source triangulation and engineering triangulation. The results showed that: (1) Student discipline in the online learning process of class XII OTKP has yet to be fully enforced. (2) The obstacles that students experience to discipline in the online learning process are: a) students do not have an internet quota, b) poor internet connections, and c) an accumulated daily task load. (3) Efforts to overcome obstacles experienced by students in the form of a) providing internet and wifi quota assistance, b) finding locations around students that have better signal coverage, and c) providing task leeway to students who are constrained by quotas and poor signals.
Keywords: internet network; online learning; e-learning; student discipline
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arfilindo, H., & Wahyuni, S. (2014). Pengaruh aktivitas belajar dan kemandirian dalam mengerjakan tugas terhadap hasil belajar siswa ekonomi kelas XI di SMA Semen Padang. Journal of Economic and Economic Education, 3(1), 95-99.
Chaeruman, U. A. (2017, September). Alur Belajar: Meningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Daring. In Seminar & Lokakarya Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi, September (pp. 1-10).
Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2).
Hussain, M., Ul-Allah, S., Binyameen, M., Jabran, K., & Farooq, M. (2022). COVID-19 and higher education in agriculture sector of developing countries: Impacts and prospects. Pedagogical Research, 7(1).
Ihsana, E. L. (2017). Belajar dan pembelajaran. Pustaka Belajar.
Lestari, A. R., Chan, F., & Pamela, I. S. (2021). Analisis Kedisiplinan Siswa Selama Belajar Dari Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Jambi, Indonesia.
Meliyanti, A., Maula, L. H., & Nurrochmah, A. (2020). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 Bagi Guru Dalam Menerapkan Moda Daring pada Pembelajaran IPS SD. Prosiding UMY Grace, 1(1), 228-234.
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020). Persepsi mahasiswa atas penggunaan aplikasi perkuliahan daring saat wabah COVID-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia, 4(1), 47-56.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2(1), 1-12.
Sholihat, R. I. (2015). Pengaruh efektivitas peraturan sekolah dan fasilitas belajar terhadap motivasi dan disiplin belajar serta implikasinya pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Survey pada SMP Negeri klasifikasi SSN di Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(3).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 3 Tahun 2020.
Sutopo, E., Harsojo, A., Purbayatri, S., Huroirohmatin, S., Wijayanti, E., Susan, A., ... & Zahroh, N. M. (2020). Selaksa rasa KBM online. Omera Pustaka.
Wulansari, M. P. (2021). Impresi teknis penugasan terhadap beban tugas siswa dalam pembelajaran daring di Madrasah Aliyah Negeri 1 Nganjuk. ISLAMIKA, 3(2), 149-162.
Zeptiani, N. W. (2021). Pengaruh tingkat kehadiran siswa masa pandemi COVID-19 terhadap prestasi belajar mata pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 7(1), 61-69.
Refbacks
- There are currently no refbacks.