Tata ruang kantor pada komisi pemilihan umum Kota Surakarta

Ruth Dian Putri Indriajati, Wiedy Murtini, Winarno Winarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tata letak kantor di KPU Kota Surakarta dalam kaitannya dengan kinerja pegawai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Prosedur penelitian menggunakan identifikasi masalah, penentuan fokus penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang kantor di Kantor Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta menggunakan tipe tata ruang kantor campuran. Tipe tata ruang kantor ini sudah sesuai dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tata ruang kantor. Kinerja pegawai dengan tata ruang kantor tipe ini tetap stabil karena pegawai merasa nyaman dan menerima kondisi yang ada. Namun, mereka menyadari bahwa tata ruang kantor yang lebih baik pasti akan berdampak pada kinerja.


Kata Kunci : kinerja pegawai; kualitatif; pegawai


Abstract: This study aimed to determine the layout of the office at KPU Kota Surakarta in relation to employee performance. This research is qualitative. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Test the validity of the data using source and method triangulation. Qualitative data analysis was carried out interactively and continuously until completion. The research procedure uses problem identification, determination of research focus, data collection, data analysis, and research reports. The results showed that the office layout at the Surakarta City Election Commission Office used a mixed type of office layout. This type of office layout is in accordance with the factors that affect the office layout. Employee performance with this type of office layout remains stable because employees feel comfortable and accept existing conditions. Still, they realize that a better office layout will undoubtedly impact performance.


Keywords: employee; performance; qualitative


Keywords

kinerja pegawai; kualitatif; pegawai; employee; performance; qualitative

Full Text:

PDF

References

Ahmad, N., Jamin, A., Beta, R. M. D. M., Ismail, S., Sakarji, S. R., & Zain, Z. M. (2020). The importance of office layout for employee productivity. Dinamika Pendidikan, 15(2), 164–171.https://doi.org/10.15294/dp.v15i2.26081

Arina, I., & Cikusin, Y. H. (2021). Pengaruh tata ruang kantor terhadap efisiensi kerja pegawai: Studi kasus pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Malang. Jurnal Administrasi Perkantoran, 2(2), 613–622.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif, teori, dan praktik. Bumi Aksara.

Lestari, P. A. (2019). Peranan desain interior dan tata letak ruang kantor dalam peningkatan kinerja karyawan. Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2, 639–645.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nuraida, I. (2016). Manajemen administrasi perkantoran. Kanisius.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball dalam penelitian lapangan. Binus University, 5(2) 1110-1118.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.