Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS

Galih Lestianti, Hery Sawiji, Winarno Winarno

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) prokrastinasi akademik, 2) faktor, dan 3) upaya mengatasi prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi tahun 2016 dan PAP 2017. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Sumber data penelitian dari informan (mahasiswa, Ketua PAP, dosen pembimbing skripsi, dan koordinator skripsi PAP), peristiwa (mahasiswa 2016 dan 2017 belum menyelesaikan skripsi), dan dokumen (riwayat status mahasiswa aktif, studi tambahan SIAKAD, dan konsultasi mahasiswa dengan dosen pembimbing). Sampelnya menggunakan teknik snowball dan purposive sampling—teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi: a) keterlambatan memulai dan menyelesaikan tugas, b) keterlambatan tugas, c) kesenjangan waktu antara rencana aktual dan kinerja, dan d) melakukan aktivitas yang lebih menyenangkan. 2) faktor : a) internal : kondisi fisik (kelelahan), psikis (kurang motivasi dan rasa takut), b) eksternal : lingkungan keluarga. 3) dampak : a) bagi mahasiswa yang merasa tertekan, (b) bagi program studi menurunkan nilai AEE. 4) Upaya penanggulangan: a) upaya mahasiswa memotivasi diri, b) upaya program studi memotivasi, mengingatkan, menelpon, mengkomunikasikan terkait kendala, dan menawarkan solusi kepada mahasiswa.

Kata Kunci: dampak; faktor; penundaan akademik; skripsi; usaha


Abstract: The research aims to determine: 1) academic procrastination, 2) factors, and 3) efforts to overcome academic procrastination in completing thesis 2016 and 2017 PAP. This research uses case study qualitative research. Sources of research data from informants (students, Head of PAP, thesis supervisors, and thesis coordinators PAP), events (2016 and 2017 students haven’t completed their thesis), and documents (history of active student status, additional studies SIAKAD, and student consultations with supervisors). The sample uses snowball and purposive sampling techniques—data collection techniques with interviews and documents. Data validity using triangulation sources and techniques. The data analysis technique uses Miles & Huberman interactive model. The results showed: 1) Academic procrastination in completing the thesis: a) delay in initiating and completing tasks, b) delays in tasks, c) time gaps between actual plans and performance, and d) performing more enjoyable activities. 2) factors: a) internal: physical condition (fatigue), psychological (lack of motivation and fear), b) external: family environment. 3) the impact: a) for students who feel depressed, (b) for the study program reduces AEE value. 4) Efforts to overcome: a) efforts of students to motivate themselves, b) efforts of study programs to motivate, remind, call, communicate related to obstacles, and offer solutions to students.

Keywords: academic delay; effort ; factor; impact; thesis


Keywords

dampak; faktor; penundaan akademik; skripsi; usaha; academic delay; effort ; factor; impact; thesis

Full Text:

PDF

References

Ahmad, A., Mappeasse, M. Y., & Ruslan, R. (2021). Prokrastinasi Akademik dalam Menulis Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FT UNM. Jurnal MediaTIK: Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 4(2), 1-6.

Akinsola, M. K., Tella, A., & Adeyinka T. (2007). Correlates of Academic Procrastination and Mathematics Achievement of University Undergraduate Students. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(4), 363-370.

Azar, F. S. (2013). Self-efficacy, Achievement Motivation, and Academic Procrastination as Predictors of Academic Performance. US-China Education Review B, 3(11), 847-857

Burhan, M. N. I., & Herman. (2019). Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar). Social Landscape Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Chu, A. H. C., & Choi, J. M. (2005). Rethinking Procrastination: Positive Effects of “Active” Procrastination Behavior on Attitudes and Performance. The Journal of Social Psychology, 145(3), 245–264

Combs, J. (2012). The Procrastination Cure: 7 Steps to Stop Putting Life Off. The Career Press Inc

Fauziah, H., H. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. PsympathicJurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123 – 132

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995), Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. Plenum Press

Ghufron, N & Risnawita, R. (2020). Teori-Teori Psikologi. Ar–Ruzz Media

Handoyo, A. W., Afiati, Evi, Khairun, D. Y., & Prabowo, A. S. (2020). Prokrastinasi Mahasiswa Selama Masa Pembelajaran Daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1), 355-361

Hardani dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Ilmu

Knaus, W. J. (2010). End Procrastination Now! Get It Done with a Proven Psychological Approach. McGraw-Hill Companies Inc.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications

Morales, D. J. F., Ferrari, J. R., Argumedo, D., & Diaz, K. (2006). Procrastination and demographic characteristics in Spanish adult: further evidence. Journal of Social Psychology, 146(3), 629-633.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.

Nurhadi, M. (2018). Studi Deskriptif Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 1(2), 87-92

Soegiyanto, I. S., Abdulaziz, M. F., Dharmawan, D. B., & Parista, V. S. (2019). Analisis Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Atlet. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 3, 106-116.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procrastination: Frequency and Cognitive – Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503-509.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA

Suhadianto, & Pratitis, N. (2019). Eksplorasi Faktor Penyebab, Dampak, dan Strategi untuk Penanganan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi), 10(2), 204-225

Susanti, E. & Nurwidawati, Desi. (2014). Hubungan antara Kontrol Diri dan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Program Studi Psikologi UNESA. Character, 2(3), 1-7

Syukur, M., Awaru, A. O. T., & Megawati., (2020). Fenomena Prokrastinasi Akademik di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Neo Societa, 5(4), 374-380

Umriana, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Walisongo Semarang. At-Taqaddum, 11(2), 186-233

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tentang Pendidikan. (2012)

Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 1-18

Wyk, V., L. (2004). The relationship between procrastination and stress in the life of the high school teacher [Thesis]. University of Pretoria.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.