Customer Service dalam meningkatkan pelayanan nasabah selama pandemi Covid-19 pada Bank BTN Cabang Surakarta 2021
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran, kendala, dan solusi dalam mengatasi kendala pelayanan nasabah pada masa pandemi covid-19 2021 di Bank BTN. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber datanya adalah informan, tempat, dan dokumen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Untuk teknik analisis data diterapkan model interaktif Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa peran layanan nasabah di Kantor Cabang Bank BTN Surakarta sangat penting dan vital untuk meningkatkan intensifikasi dana melalui produk-produk yang tersedia. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pelayanan pelanggan adalah karena ketatnya SOP, masalah sistem dan IT, tingkat pendidikan dan usia pelanggan, serta panggilan masuk dari sesama rekan kerja saat bertugas. Oleh karena itu, Bank BTN Cabang Surakarta mengambil beberapa solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, seperti melakukan konfirmasi melalui call center, meminta maaf dan menghubungi kembali nasabah, tetap tenang dalam menangani permasalahan nasabah, dan fokus pada nasabah.
Kata Kunci:; deskriptif kualitatif; peningkatan; studi kasus
Abstract: This research aims to determine the role, constraints, and solutions in overcoming obstacles in customer service during the covid-19 pandemic 2021 at Bank BTN. This research is descriptive with a case study approach. This study uses primary data and secondary data. The data sources are informants, places, and documents with sampling techniques using purposive sampling and snowball sampling. For data analysis techniques, Miles and Huberman's interactive models are applied. This research found that the role of customer service at Bank BTN Branch office in Surakarta was crucial and vital to increase the intensification of funds through available products. Meanwhile, the obstacles faced by customer service were due to the strict SOP, system and IT problem, the level of education and age of the customers, and incoming calls from fellow colleagues when they are in charge. Therefore, the branch office of Bank BTN in Surakarta came up with some solutions to overcome the problems, such as confirming through the call centre, apologizing and re-contacting customers, remaining calm in handling customer problems, and focusing on customers.
Keywords: case study; descriptive qualitative; improvement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hartatik, I. P. (2014). Buku Pintar Membuat SOP (Standar Operasional Prosedur). Yogyakarta: Flashbooks.
Hutabalian, Y. H., & Kalangi, J. S. (2015). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Politeknik. Acta Diurna Komunikasi, 4(3).
Ikatan Bankir Indonesia. (2014). Mengelola Kualitas Layanan Perbankan Edisi ke-1. Gramedia Pustaka Utama.
Kasmir. (2014). Dasar-Dasar Perbankan. Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2015). Etika Customer Service. Raja Grafindo Persada.
Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Salemba Empat.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. UI-Press.
Moleong, L. J., & Surjaman, T. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir, A. (2016). Manajemen Pemasaran. Indeks.
Sugiyono. (2017). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tjiptono, F. (2006). Pemasaran Jasa. Bayu Media.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan (1998).
Refbacks
- There are currently no refbacks.