Analisis pembelajaran mata diklat kewirausahaan dalam menumbuhkembangkan minat berwirausaha siswa administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Karanganyar

Chairunisa Amalia S, Hery Sawiji, Patni Ninghardjanti

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Karanganyar; (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Karanganyar, (5) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Karanganyar. Bentuk penelitiannya adalah kualitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif dengan strategi tunggal yang tetap. Sumber data meliputi informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Untuk mengukur keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan sesuai dengan kurikulum satuan pendidikan, melalui kegiatan belajar mengajar dan praktik kewirausahaan, (2) Kendala-kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Karanganyar, antara lain perubahan kurikulum, persepsi siswa yang menganggap mata kuliah kewirausahaan hanya sebagai mata kuliah pelengkap, suasana pembelajaran yang kurang menyenangkan, siswa kekurangan sumber belajar (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala analisis pembelajaran kewirausahaan di SMK Negeri 1 Karanganyar meliputi inovasi pembelajaran, perubahan pandangan mahasiswa tentang mata kuliah kewirausahaan, pemilihan metode pengajaran yang menarik dan peminjaman buku teks di perpustakaan.

Kata kunci: antusiasme berbisnis;mata kuliah kewirausahaan; penerapan 

Abstract: This study purposed to (1) determine the implementation of entrepreneurship learning in SMK Negeri 1 Karanganyar; (2) determine the constraints faced in the implementation of entrepreneurship learning in SMK Negeri 1 Karanganyar, (5) determine the efforts made to overcome the constraints in the of entrepreneurship learning in SMK Negeri 1 Karanganyar. The research form is qualitative, whereas the method used is descriptive with a fixed single strategy. The data source includes the informant, places and events, and documents. The sampling technique used was purposive sampling and snowball sampling technique. Data collection techniques used were interviews, direct observation, and documentation. To measure the data validity used, triangulation of sources and methods. Data analyzing techniques use interactive analysis.  The results showed that (1) The implementation of entrepreneurship learning is implemented in accordance with the educational unit curriculum, through teaching and learning activities and the entrepreneurship practice, (2) The constraints encountered in the implementation of entrepreneurship learning in SMK Negeri 1 Karanganyar, among others, the curriculum change, the students’ perception that considers entrepreneurship course only as complementary course, the less pleasant learning atmosphere, students lack of study resources (3) Efforts made to overcome the constraints of the analysis of entrepreneurship learning in SMK Negeri 1 Karanganyar includes learning innovation, changed the students’ views about entrepreneurship courses, a selection of interesting teaching methods and borrowing the textbooks in the library. 

Keywords: business enthusiasm; entrepreneurship course; implementation





Keywords

antusiasme berbisnis; mata kuliah kewirausahaan; penerapan; business enthusiasm; entrepreneurship course; implementation

Full Text:

PDF

References

Alma, B. (2000). Pendidikan Kewirausahaan. Alfabeta.

Fadiati, A., & Purwana, D. (2011). Menjadi Wirausaha Sukses. (cetakan kedua). PT. Remaja Rosdakarya.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. (edisi revisi). Rajagrafindo Persada.

Longenecker, J. G., dkk. (2001). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil Buku I. Salemba Empat.

Moleong, L. J., & Edisi, P. R. R. B. (2004). Metodelogi penelitian. Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(1).

Muller, S. (2008). Encouraging Future Entrepreneurs : The Effect of entrepreneurship Course Characteristic on Entrepreneur Intention, Disertation of University of University of St. Gallen Irchel, Zurich.

Nasution H.A. Bustanul A.N Mukhammad S. (2001). Membangun Spirit Entrepreneur Muda Indonesia. Gramedia.

Prihatin D.R.B., (2008). Metode Experintal Learning Berbasis pada peningkatan rasa percaya diri mampu, kreatif dan beresiko dalam mata pelajaran kewirausahaan untuk SMK. Unika Atma Jaya.

Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Penerbit Andi.

Suryana, Y. (2010). Kewirausahaan:Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. (edisi pertama). Prenada Media Group.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.