Peran guru dalam memotivasi belajar siswa SMKN 1 Surakarta selama new normal

Tika Hapsari, Cicilia Dyah Sulistyaningrum, Muhammad Choerul Umam

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar (2) Hambatan Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar (3) Solusi Guru dalam Mengatasi Hambatan Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMKN 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini terdiri dari Guru OTKP SMKN 1 Surakarta, Siswa OTKP SMKN 1 Surakarta, Ketua Program Keahlian OTKP SMKN 1 Surakarta, dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan peran guru dalam memotivasi belajar siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dan snowball sampling. Uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru dalam memotivasi belajar siswa yaitu: a) Membimbing dan melakukan pendekatan kepada siswa, b) Memberikan hadiah, c) Memberikan pujian. (2) Kendala guru dalam memotivasi belajar siswa adalah: a) Keterbatasan kuota dan jangkauan internet, b) Kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru, c) Siswa yang kurang responsif. (3) Solusi guru dalam mengatasi kendala adalah: a) Sharing session antar guru, b) Memberikan bimbingan kepada siswa melalui pendekatan yang humanis, c) Membuat pembelajaran yang kreatif dan inovatif.


Kata Kunci: guru sebagai motivator; kuantitatif; studi kasus


Abstract: This study aims to determine (1) The Role of Teachers in Motivating The Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing (2) Teacher Obstacles in Motivating Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing (3) Teacher Solutions to overcome Obstacles in Motivating Learning of Students at SMKN 1 Surakarta Staffing. This research uses a qualitative approach with a type of case study research. The data sources of this study consist of OTKP Teachers of SMKN 1 Surakarta, OTKP Students of SMKN 1 Surakarta, Head of the OTKP Expertise Program of SMKN 1 Surakarta, and documents related to the role of teachers in motivating student learning. The sampling technique is carried out by purposive sampling and snowball sampling. The validity tests used are engineering triangulation and source triangulation. The results showed that (1) The role of the teacher in motivating student learning is: a) Guiding and approaching students, b) Giving gifts, c) Giving praise. (2) Teacher constraints in motivating student learning are: a) Limited quotas and internet coverage, b) a lack of variation in the learning methods used by teachers, c) Students who are less responsive. (3) Teacher solutions to overcome obstacles are: a) Sharing sessions between teachers, b) Providing guidance to students through a humanist approach, c) Making learning creative and innovative.


Keywords: case studie; quantitative; teachers as motivators


Keywords

guru sebagai motivator; kuantitatif; studi kasus; case studie; quantitative; teachers as motivators

Full Text:

PDF

References

Cikka, H. (2019). Strategi komunikasi guru memotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajar. Al-Mishbah, 15(2), 377.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 181.

Mannan, A., & Rahman, A. (2020). Penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan semangat belajar siswa di SDI-Terpadu Al-Azhar Kelurahan Kowel Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 138.

Muis, A. A., & Arifuddin. (2017). Pengembangan metode mengajar guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 9 Parepare. Jurnal Tarbawi, 14(1), 14.

Nobisa, Y. N. (2020). Penggunaan Metode Bervariasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al Manar: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 73-84.

Pahlevi, O., Ong, D., & Sari, I. (2021). Analisa dampak penggunaan sistem conference dalam mendukung pembelajaran daring. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 7(2), 133.

Ridwan, I. Q., & Sari, D. A. (2020, October). Peran Guru dalam Membuat Model Pembelajaran Daring yang Inovatif dan Kreatif. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 2020).

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267.

Zahroh, L. (2015). Pendekatan dalam pengelolaan kelas. Tasyr’i, 22(2), 175.

Zain, N. L. (2017). Strategi komunikasi persuasif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Nomosleca, 3(2), 603.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.