Pengaruh pembelajaran online dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar kompetensi keuangan Kelas XI OTKP SMKN 1 Karanganyar
Abstract
Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Kompetensi Otomasi Keuangan Pemerintah Kelas XI Otomasi dan Kantor Pemerintahan SMK Negeri 1 Karanganyar; (2) Pengaruh Aktivitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Otomasi Keuangan Pemerintah Kelas XI Otomasi dan Perkantoran Pemerintahan SMKN 1 Karanganyar; dan (3) Pengaruh Pembelajaran Daring dan Aktivitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Otomasi Keuangan Pemerintah Kelas XI Otomasi dan Kantor SMK Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 72 responden Kelas XI OTKP SMKN 1 Karanganyar dan menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji prasyarat, serta uji t (parsial), uji F (simultan) dan uji regresi linier berganda untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar (2) Tidak terdapat pengaruh aktivitas siswa terhadap hasil belajar; dan (3) Tidak ada pengaruh pembelajaran daring dan aktivitas siswa terhadap hasil belajar.
Kata kunci: aktivitas siswa; luaran pembelajaran; pembelajaran daring
Abstract: This research was carried out with the aim of knowing whether not there are: (1) The effect of Online Learning on Learning Outcomes on Automation Financial Government Competencies in Class XI Automation and Office Government Vocational High School 1 Karanganyar; (2) The effect of Student Activity on Learning Outcomes on Automation Financial Government Competencies in Class XI Automation and Office Government Vocational High School 1 Karanganyar; and (3) The effect of Online Learning and Student Activity on Learning Outcomes on Automation Financial Government Competencies in Class XI Automation and Office Government Vocational High School 1 Karanganyar. This research uses descriptive quantitative method. The sample in this study were 72 respondents from Class XI OTKP SMKN 1 Karanganyar and using saturated sample. Collecting data used questionnaires. This research used the validity and reliability test, prerequisite test, as well as t-test (partial), F-test (simultaneous) and multiple linear regression test to and analyzing research data. The result showed that there were: (1) There is effect of online learning on learning outcomes (2) No effect of student activity on learning outcomes; and (3) No effect of online learning and student activity on learning outcomes.
Keywords: learning outcomes; online learning; student activityKeywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 43–48. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32803
Aini, Z. N. (2018). Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran Dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v1i1.1941
Kacanusa, I. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring (E-Learning) Dimasa Pandemi Covid 19 Dalam Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Sragen). Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(1), 87-107. https://doi.org/10.20961/jikap.v5i1.49194
Kusnohadi. (2014). Pendidikan Online: Perluasan Tugas dari Kelas Konvensional menuju Kelas Maya. Jurnal Teknodik, 17(1), 34-45.
Naziah, S. T. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 7(2), 109-120. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd.v7i2.a17327
Nur, W. Y. (2020). Pengaruh Pembelajaran E-Learning/Online Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tingkat II Universitas Nusantara PGRI Kediri Selama Pandemi Covid'19. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri, 498-508.
Saputra, B. A. K. A. ., Akil, A., & Kejora, M. T. B. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5840–5847. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1880
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yansa, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Elemen, 7(1), 84-97. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2585Refbacks
- There are currently no refbacks.