Penerapan metode diskusi berbantuan zoom meeting untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK N 1 Karanganyar

Yoga Mahendra Baktiar, Patni Ninghardjanti, Susantiningrum Susantiningrum

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XII OTKP 2 SMK Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2021/2022 melalui penerapan metode diskusi berbantuan Zoom Meeting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian dimulai pada tahap Pra Tindakan, Siklus I, dan Siklus II. Hasil belajar pada tahap Pra Tindakan diperoleh dari nilai Penilaian Tengah Semester (MSA); persentase ketuntasan siswa sebesar 42,85% dengan rata-rata nilai 74,45. Hasil belajar mengalami peningkatan pada Siklus I dengan persentase sebesar 68,57% dan nilai rata-rata sebesar 76,42. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 88,5% dengan nilai rata-rata 85,42. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan metode diskusi berbantuan Zoom Meeting dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII OTKP 2 SMK Negeri 1 Karanganyar.

Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, metode pembelajaran, ketuntasan siswa

 

Abstract: This research was carried out to improve the learning outcomes of Craft and Entrepreneurship subjects for class XII OTKP 2 SMK Negeri 1 Karanganyar for the 2021/2022 academic year through the application of the Zoom Meeting assisted discussion method. This research is classroom action research (CAR), which was carried out in two cycles. The research started in the Pre-Action stage, Cycle I, and Cycle II. Learning outcomes at the Pre-Action stage were obtained from the Middle Semester Assessment (MSA) score; the percentage of students' completeness was 42.85% with an average grade of 74.45. Learning outcomes have increased in Cycle I, with a percentage of 68.57% and an average value of 76.42. Then, in the second cycle, the percentage of completeness was 88.5%, with an average value of 85.42. The conclusion of this Classroom Action Research is that the application of the Zoom Meeting-assisted discussion method can improve student learning outcomes for class XII OTKP 2 SMK Negeri 1 Karanganyar. 


Keywords:  classroom action research,learning method,student mastery



Keywords

penelitian tindakan kelas; metode pembelajaran; ketuntasan siswa; classroom action research; learning method; student mastery

Full Text:

PDF

References

Iskandar, M.R., & Syarifudin. (2020). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dengan Media Audio Visual Melalui Zoom Cloud Meeting Di Fakultas Tarbiyah Iai Qamarul Huda Bagu. Institut Agama Islam Qamarul Huda Bagu. Jurnal El-Huda Studi Islam, 11(2), 71-80.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Semarang. Universitas Semarang. Jurnal Trasnformatika. 9(2), 72-78.

Sardiman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada

Sanjaya, W (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta.

Sudarsana K. et al , (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Yayasan kita Menulis.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Surat Edaran Mendikbud Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Susilo, H. dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bayumedia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.