PENGARUH MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN SMK NEGERI 1 POGALAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan;(2) pengaruh gaya belajar terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan;(3) pengaruh motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran yang berjumlah 108 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional startified random sampling dengan 85 peserta didik sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kreativitas peserta didik (thitung 4,132 > ttabel 1,989), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap kreativitas peserta didik (thitung 16,450 > ttabel 1,989), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kreativitas peserta didik (Fhitung 476,996 > Ftabel 3,108).
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Asrori, M. (2015). Psikologi remaja: Perkembangan peserta didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Baber, H. (2020). Determinants of Students’ Perceived Learning Outcome and Satisfaction in Online Learning during the Pandemic of COVID19. Journal of Education and E-Learning Research, 285–292.
Deporter, Bobbi dan Mike Hernacki. (2015).
Quantum Learing. Diterjemahkan oleh: Alwiyah Abdurrahman. 1992. Bandung: Mizan Pustaka
Fathurrahman, & Sutikno. (2010). Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan
Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Lee, J. X., Hathim, A., Azman,
A. , Ng, J. Y., & Shareela,
N. A. (2020). Reflection of Connetvism in Medical Edication Learning Motion During COVID-
19. MedRxiv Preprint.
Munandar, U. (2012). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
.
Nasrah, Muafiah., A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa pada Masa Pndemik COVID-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 207-213.
Oktaviani, Ifni. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 216-232.
Prawira, P. A. (2012). Psikologi Pendidikan dalam
Perspektif Baru.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Sardiman, A. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Raja Garafindo Persada.
Syarfuni, & Verawati. (2017). Analisis karakteristik gaya belajar mahasiswa pendidikan bahasa inggris angkatan 2006 STKIP Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 45-46.
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan
Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.