POLA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FKIP UNS)

Luluk Tio Ashifa, Wiedy Murtini, Anton Subarno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pola belajar di masa pandemi COVID-19 mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS, 2) dampak dari penerapan pola belajar di masa pandemi COVID-19, 3) hambatan dan upaya dalam penerapan pola belajar di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik sampling menggunakan purposive snowball sampling dengan Kepala Prodi PAP sebagai key informan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola belajar di masa pandemi COVID-19 sebagian besar menggunakan pola belajar digital. (2) Penerapan pola belajar di masa pandemi COVID-19 memiliki dampak positif dan negatif. (3) Hambatan antara lain: (a) koneksi internet yang tidak stabil, (b) lingkungan kurang mendukung/bising, (c) kurangnya komunikasi dua arah, (d) pemborosan kuota internet, (e) pembuatan media pembelajaran yang memerlukan banyak waktu dan tenaga dari dosen, (f) penyampaian materi yang kurang maksimal terutama untuk mata kuliah praktik. Upaya mengatasi hambatan antara lain: (a) pemberian bantuan kuota belajar oleh Kemdikbud, (b) melakukan perekaman proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References

Afghani, Dzulfiqar Restu. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi COVID-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2), 70-75.
Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-
19 terhadap Mahasiswa Indonesia. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.
Arkorful, V., & Abaidoo, N. (2015). The role of e-learning, advantages and disadvantages of its adoption in higher education. International Journal of Instructional Technology and Distance Learning, 12(1), 29-42.
Aulawi, Hanif. (2017). Peningkatan Motivasi Belajar Dipengaruhi Oleh Lingkungan Kampus. Jurnal Administrasi Kantor, 5(1), 115-122.
Dharani, P. (2020). Traditional Versus Modern Education System: A Deep Dive. High Technology Letters, 26(6),
206-219.
Favale, T., Soro, F., Trevisan, M., Drago, I., & Mellia, M. (2020). Campus traffic and e-Learning during COVID-19 pandemic. Computer Networks, 176,
107290.
Fernandez, M. L. (2010). Investigating how and what prospective teachers learn through microteaching lesson study. Teaching and Teacher Education, 26(2), 8-15.
Handoko, Jarwa Prasetya S. (2010). Pengendalian Kebisingan pada Fasilitas Pendidikan Studi Kasus Gedung Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, 2(1), 32-42.
Herdiana, F., & Usman, O. (2020). The Impact Of Teachers, Students, and Technology on Distance Learning During The Pandemic COVID-19 In Jakarta, (June 21, 2020).
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan
117 – Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran
Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran
e-ISSN 2614-0349
penggunaan platform whatsapp group dan webinar zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1),
97–106.
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging? Public Health, 179(January), 19–21.
Nadezhda, G. (2020). Zoom technology as an effective tool for distance learning in teaching english to medical students. Science and Practice Bulletin, 6(5).
Osman, M. E. (2020). Global impact of COVID-19 on education systems: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 1-9.
Patelis, N., & Matheiken, S. J. (2020). Distance learning for vascular surgeons in the era of a pandemic. Journal of vascular surgery, 72(1), 378-
379.
Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021.
Diperoleh 17 Mei 2021, dari https://kuota- belajar.kemdikbud.go.id/SALI NAN%20PERSESJEN%20N OMOR%204%20TAHUN%2
02021.pdf
Rasni, R. (2016). Upaya peningkatan minat belajar siswa melalui metode tutor sebaya pada madrasah ibtidaiyah negeri mattirowalie kecamatan pitumpanua
kabupaten wajo (Doctoral dissertation, IAIN Palopo).
Restu, Debrina Dwi Wibawa. (2020). Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part-time: Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. TARBAWI, 8(2), 119-136.
Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2020). How the Distance Learning can be a Solution during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Asian Education, 1(3), 117-124.
Sahu, P. (2020). Closure of universities due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19):
impact on education and mental health of students and academic staff. Cureus, 12(4). Subarno, A., Sulistyaningrum, C. D., Umam, M. C., & Winarno. (2021). Tracing Successful Online Teaching During Covid-19 Pandemic Tracing Successful Online Teaching During Covid-19 Pandemic.
Journal of Physics: Conference Series, 1–10. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1808/1/012036
Sun, L., Tang, Y., & Zuo, W. (2020). Coronavirus pushes education online. Nature Materials, 19(June), 687.
Vermunt, J. D., & Donche, V. (2017). A Learning Patterns Perspective on Student Learning in Higher Education: State of the Art and Moving Forward. Educational Psychology Review, 29(2),
269–299.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.