PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEKNOLOGI PERKANTORAN SISWA KELAS X OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2018/2019

Nisa Larasati

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat tidaknya: 1) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten tahun ajaran 2018/2019; 2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten tahun ajaran 2018/2019; dan 3) pengaruh minat belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Klaten tahun ajaran 2018/2019. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Klaten yang berjumlah 107 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportional random sampling sejumlah 84 siswa. Sumber data dari petugas tata usaha, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan program IBM SPSS 23.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh positif yang signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran dibuktikan dengan thitung > ttabel (5,586 > 1,98969) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 2) terdapat pengaruh positif yang signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran dibuktikan dengan thitung > ttabel (8,600 > 1,98969) dan signifikansi (0,000 < 0,05); 3) terdapat pengaruh positif yang signifikan minat belajar dan lingkungan keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar teknologi perkantoran dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel (67,285 > 3,11) dan signifikansi (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menujukkan sumbangan efektif secara bersama-sama sebesar 62,4% dan sisanya sebesar 37,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Dengan demikian, keseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Keywords

Minat Belajar, Lingkungan Keluarga dan Prestasi Belajar Teknologi Perkantoran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.