Needs assessment for the development of OBE-based assessment instruments for the business correspondence course
Abstract
Abstrak: Penerapan kurikulum OBE merupakan respons terhadap tuntutan dunia kerja dengan menekankan pada proses pembelajaran dan teknik penilaian yang berorientasi pada capaian kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan teknik penilaian berbasis OBE. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada mata kuliah Business Correspondence di Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, UNNES. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang dosen pengampu, 12 mahasiswa sebagai sampel yang dipilih secara random dari 124 mahasiswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menentukan kriteria penilaian berbasis OBE, dilakukan studi dokumentasi SKKNI pada kompetensi menulis surat bisnis berbahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator pengetahuan dan keterampilan dasar mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Business Correspondence masih belum mencapai tingkat kemampuan optimal. Selama ini dosen pengampu telah melaksanakan penilaian yang terdiri atas penilaian partisipasi mahasiswa, pretest, kuis individu, tugas proyek kelompok, UTS, dan UAS. Namun, diperlukan konstruksi teknik penilaian yang lebih sistematis dan selaras dengan prinsip OBE. Implikasinya, perlunya pengembangan panduan dan instrumen penilaian berbasis OBE yang aplikatif untuk mendukung proses evaluasi capaian pembelajaran di perguruan tinggi yang telah disesuaikan dengan kriteria penilaian pada SKKNI.
Kata kunci : capaian kompetensi; evaluasi pembelajaran; kurikulum OBE; SKKNI
Abstract: The implementation of Outcome-Based Education (OBE) curricula responds to labor market demands by emphasizing learning processes and assessment techniques oriented toward student competency achievement. This study analyzed the need for developing OBE-based assessment techniques through a qualitative case study conducted in the Business Correspondence course within the Office Administration Education program at Universitas Negeri Semarang (UNNES). Data sources included one course lecturer and 12 randomly selected students from 124 enrolled participants. Data were collected through interviews, observations, and documentation analysis. To determine OBE-based assessment criteria, we conducted document analysis of Indonesian National Work Competency Standards (SKKNI) focusing on English business letter writing competencies. Findings indicate that students' knowledge and basic skills in the Business Correspondence course have not reached optimal levels. Although the lecturer implemented various assessment forms—including participation evaluations, pretests, individual quizzes, group project tasks, midterm examinations, and final examinations—a more systematic and OBE-aligned assessment approach remains necessary. The study highlights the importance of developing practical OBE-based assessment guidelines and instruments to support learning outcome evaluation in higher education, aligned with SKKNI competency assessment criteria.
Keyword: competency achievement; learning evaluation; OBE curriculum; SKKNI
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif (M. S. Dr. Patta Rapanna, S. E., Ed.; Cetakan I). CV. Syakir Media Press.
Adha, L. A. (2020). Digitalisasi industri dan pengaruhnya terhadap ketenagakerjaan dan hubungan kerja di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298.
Adri, R. F. (2020). Pengaruh pre-test terhadap tingkat pemahaman mahasiswa. MENARA Ilmu, 14(1), 81–85.
Afrizal, M. A. (2014). Metode penelitian kualitatif. PT Raja Grafindo Persada.
Agustina, R., Nur’aini, S., Nazla, L., Hanapiah, S., & Marlina, L. (2023). Era digital: Tantangan dan peluang dalam dunia kerja. Journal of Economics and Business, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.61994/econis.v1i1.138
Alwasilah, A. C. (2002). Pokoknya kualitatif. Pustaka Jaya.
Biggs, J., Tang, C., & Kennedy, G. (2022). Teaching for quality learning at university (5th ed.). McGraw-Hill Education (UK).
Boud, D., & Falchikov, N. (2006). Aligning assessment with long-term learning. Assessment & Evaluation in Higher Education, 31(4), 399–413.
Cahyadi, D. (2017). Membangun infrastruktur kurikulum prodi DKV berbasis core busines competencies. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 1(1), 27–40.
Creswell, J. (2013). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches.
Dahdi, H., & Iksan, Z. (2018). Pembelajaran berasaskan hasil (Outcome-based education, OBE) dalam pendidikan tinggi.
Fiantika, E. A. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en
Gea, F. R. D., & Koto, S. F. (2024). Efektivitas kurikulum outcome-based education (OBE) dalam meningkatkan kompetensi siswa pada matakuliah bakery sebuah meta-analysis. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 11(4), 232–249.
Handayani, P. (2020). Model pengembangan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan merdeka belajar mahasiswa Politeknik. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 11(1), 1207–1212. https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2185
Harden, R. M. (2007). Outcome-based education: The future is today. Medical Teacher, 29(7), 625–629.
Hasanah, S. N., Latifah, D., Ummah, F., Azzahra, D. N., Syahin, A. N. I., & Asitah, N. (2025). Kajian literatur komprehensif integrasi budaya lokal dan evaluasi kompetensi dalam outcome-based education. Nusantara Educational Review, 3(1), 24–31.
Ludvik, M. J. B. (2019). Outcomes-based program review: Closing achievement gaps in-and outside the classroom with alignment to predictive analytics and performance metrics (I). Taylor & Francis.
Manggali, C. A., Hayati, D. N., & Mundofi, A. A. (2024). Outcome based education pada kurikulum merdeka: Tantangan dan peluang dalam pendidikan agama islam. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 595–606.
Rahamawanto, M. K., & Indrawati, C. D. S. (2019). Pengaruh minat baca dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran korespondensi. JIKAP, 3, 778–783.
Miles, B. W., & Jozefowicz-Simbeni, D. M. H. (2010). Naturalistic inquiry. The Handbook of Social Work Research Method, 415–425.
Muzakir, M. I. (2023). Implementasi kurikulum outcome based education (Obe) dalam sistem pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0. Edukasiana: Journal of Islamic Education, 2(1), 118–139.
Negara, G. A. J., Pitriani, N. R. V., & Fitriani, L. P. W. (2024). Kurikulum berbasis OBE (Outcome Based Education) dengan nilai-nilai karakter untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan perguruan tinggi. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 41–48. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.68767
Noor, S. H., & Mulyani, M. (2016). Peningkatan keterampilan menulis surat resmi melalui pendekatan keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 35–41.
Rasyid, A. H. A., Yunitasari, B., Susila, I. W., Dewanto, D., Yunus, Y., & Santoso, D. I. (2022). Pengembangan model evaluasi pembelajaran berbasis Obe. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 7(1), 8–17. https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p8-17
Rulam, A. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Ar-Ruzz Media.
SKKNI. (2024). Menteri ketenagakerjaan republik Indonesia (pp. 1–212).
Sudipa, I. G. I., Cakranegara, P. A., Ningtyas, M. W. A., Efendi, E., & Wahidin, A. J. (2022). Penilaian aspek keaktifan belajar mahasiswa menggunakan metode ORESTE. Remik, 6(3), 436–447. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11628
Vitchenko, A., Vitchenko, A., Zamotaieva, N., Khrystiuk, S., & Nikolayenko, V. (2022). Designing integral learning outcomes in higher education within the frameworks of the competency-based approach. Journal of Higher Education Theory & Practice, 22(6).
Wahyudi, A., & dkk. (2023). Keterampilan yang dimiliki oleh tenaga kerja dengan tuntutan teknologi. Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(4), 99–111.
Wahyudi, A. F. S., & Heksaputra, D. (2023). Pengembangan aplikasi penilaian outcome-based education (OBE) berbasis website dengan metode waterfall. INSERT : Information System and Emerging Technology Journal, 4(2), 86–94. https://doi.org/10.23887/insert.v4i2.65287
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.