Analisis Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada Mata Pelajaran IPAS Fase C

Vanessa Erlita Maharani, Supianto Supianto

Abstract

This study aims to describe the critical reasoning dimension of Pancasila student profile in the science subject phase C. The research method is quantitative descriptive. The trial subjects were 218 students in grades V and VI consisting of 4 elementary schools in Surakarta City. The result of the study showed that in general the Pancasila Student Profile in phase C with a very good category of 19%, 22% in the sufficient category, 44% in the less category, and 15% in the less category. This can be concluded that there is still a lack of the Pancasila Student Profile in the critical reasoning dimension in the science subject phase C. 

Kata kunci: Pancasila Student Profile, critical reasoning, science subject.

Keywords

Pancasila Student Profile; Critical Reasoning; Science Subject

Full Text:

PDF

References

Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 40–51. [2] Setiawan, W., Hatip, A., Muhajir, M., Ghozali, A., & Fathimatuzzahro, I. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada Materi Geometri dan Pengukuran Berbasis Profil Pelajar Pancasila. SUPERMAT (JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA), 6(2), 187–202. https://doi.org/10.33627/sm.v6i2.949 [3] Utami, S., Santoso, G., & Prihatin, F. (2023). Peningkatan Prestasi literasi Siswa dalam Menyampaikan Pendapat dengan Bernalar Kritis, Komunikasi, Logis, dan Argumentatif di Kelas 6. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 133–152. https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.618 [4] Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 287–293. [5] Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39 [6] Rahmawati, E., Wardhani, N. A., & Ummah, S. M. (2023). Pengaruh Proyek Profil Pelajar Pancasila terhadap Karakter Bernalar Kritis Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 614–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4718 [7] Anggrayni, M., Friska, S. Y., & Retnawati, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Copyright @ M.Anggrayni , Sonia Yulia Friska,, Eny Retnawati INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 14504–14516. [8] Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402 [9] Lisnawati, L., Wahyudin, & Caturiasari, J. (2023). Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, pembelajaran dan Ilmu Sosial, 1(3), 48–78. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.36 [10] Alanur, S.N., Jamaludin, J. and Amus, S., (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), pp.179-190. [11] Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 4(1), 31–39. [12] Listiani, N. M. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Pemasaran Pasa Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 2(2), 263-275. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n2.p263-275 [13] Marlina, E. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevima Edlink. Jurnal Padegogik, 3(2), 104-110. [14] Istiyarni, I., Pardimin, P., & Setiawan, A. (2024). Pengembangan instrumen bernalar kritis dalam penggunaan smartphone siswa sekolah dasar. Tuladha : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.30738/tuladha.v3i1.15970 [15] Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611 [16] Pujiyanti, W., & Khaq, M. (2024). Analisis Dimensi Bernalar Kritis dalam Profil Pelajar Pancasila Materi Hak dan Kewajiban Kelas IV di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 1938–1948. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i1.2734 [17] Wahyuningsih, P., & Fatonah, S. (2021). Analisis berkomunikasi dalam keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA Kelas VI di SDN 2 Negerikaton Pesawaran Lampung. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1-22. [18] Gustianingrum, R.A., Murni, A. and Maimunah, M., 2023, March. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 6, pp. 465-470). [19] Maulid, T.A., Sastabila, N., Puspita, E.D. and Aeni, A.N., 2022. Pengembangan Animasi Kids (ANIKIDS) Ngalaksa dalam Perspektif Islam sebagai Media Pembelajaran Digital Siswa Sekolah Dasar. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 9(1), pp.19-25.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.