Pengaruh model case based learning terhadap keterampilan pemecahan masalah ditinjau dari curiosity mahasiswa PGSD UNS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] World Economic Forum 2020 The Future of Jobs Report 2020 Future Jobs Report
[2] S. P. Utama, S. Marmoah, and Matsuri 2019 Penerapan model pembelajaran think talk write (ttw) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data peserta didik kelas v sekolah dasar Didaktika Dwija Indria 7(5) 7–12
[3] W. Arsyabinta, A. Surya, and R. Winarni 2023 Analisis kesulitan pemecahan masalah matematika berdasarkan teori Polya pada peserta didik kelas IV sekolah dasar Didaktika Dwija Indria 11(4) 13–18
[4] D. H. Schunk 2012 Learning theories: An educational perspective 6th. Boston
[5] R. Natatama, S. Kamsiyati, and A. Surya 2023 Analisis kemampuan pemecahan masalah materi kecepatan dan debit berdasarkan teori john dewey pada peserta didik kelas 5 sekolah dasar Didaktika Dwija Indria (11)1
[6] M. Bi, Z. Zhao, J. Yang, and Y. Wang 2019 Comparison of Case-Based Learning and Traditional Method in Teaching Postgraduate Students of Medical Oncology Medical Teacher 41(10) 1124–1128
[7] D. H. Simbolon 2022 Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Bullet Jurnal Multidisiplin Ilmu 1(3) 181–184
[8] R. Shaputra and Supardi 2019 Pengaruh Gaya Belajar dan Rasa Ingin Tahu terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Jurnal Pendidikan MIPA 2(3) 252–259
[9] Yusuf 2023 Gender in Problem Based Learning: Curiosity Analysis, Problem Understanding, and Problem Solving Ability Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA 11(2) 485–498
[10] S. Raharja, M. R. Wibhawa, and S. Lukas 2018 Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa (Measuring Students’ Curiosity) Polyglot Jurnal Ilmiah 14(2) 151–164
[11] G. Polya 1973 How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method (USA: Princeton University Press)
[12] A. Asfar, A. Asfar, A. Aspikal, and S. Nurwijaya 2019 Efektivitas Case Based Learning (CBL) Disertai Umpan Balik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Histogram Jurnal Pendidikan Matematika 3(5) 29–45
[13] D. N. Syarafina, E. R. Dewi, and R. Amiyani 2017 Penerapan Case Based Learning (CBL) sebagai Pembelajaran Matematika yang Inovatif Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 243–250
[14] N. P. I. Dharmayanthi 2023 Penerapan Model Case Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Critical Thinking Skills Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Kuta Utara Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha 10(3) 291–300
[15] J. Dewey 1938 Experience & Education (London: Collier Macmilan Publishers)
[16] F. Agustin, D. Hastuti, and M. K. Sari 2023 Efektifitas Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SDN 03 Madiun Lor Caruban Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 6(3) 346–354
[17] F. Rozi, Z. Fajri, and Y. P. I. Nuraini 2024 Penggunaan Metode Question Student Have dalam Meningkatkan Belajar Siswa At-Ta’lim Jurnal Pendidikan 10(1) 67–82
[18] D. Oktaviana and R. Haryadi 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa AKSIOMA urnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(4) 1076-1085
[19] Y. Umayah 2019 Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP GAUSS Jurnal Pendidikan Maematika 2(2) 74
[20] G. Loewenstein 1994 The Psychology of Curiosity: a Review and Reinterpretation Psychological Bulletin 116(1) 75–98
[21] R. Hutagalung 2022 Pengaruh Rasa Ingin Tahu (Curiosity) dan Gaya Belajar Visual Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar Jurnal Basicedu 6(2) 2892–2903
[22] M. H. Kutner, C. J. Nachtsheim, J. Neter, and W. Li 2005 Applied Linear Statistical Models, Fifth Edition (New York: Mc-Graw-Hill)
[23] N. K. A. D. Arini, I. N. Murda, and I. G. A. T. Agustiana 2020 Korelasi Antara Rasa Ingin Tahu dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Mimbar Ilmu 25(1) 20–31
Refbacks
- There are currently no refbacks.