Penerapan problem based learning berbantuan media game edukasi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika tentang pecahan pada siswa kelas III sekolah dasar
Abstract
Keywords
References
[1] M Marliani 2021 Matematika Dalam Aksiologi Tunas J Pendidik Guru Sekolah Dasar 7(1) 26–31
[2] G D Anspita dan J I S Poerwanti 2020 Penerapan Model Think Pair Share (TPS) dengan Benda Nyata untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Pecahan pada Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar J Didakt Dwija Indria 8(1)
[3] A Y Ginanjar 2019 Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD Jurnal Pendidikan UNIGA 13(01)
[4] S Mawaddah dan R Maryanti 2016 Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning) EDU-MAT J Pendidik Mat 4(1)
[5] M M H Ariyanti dan J I S Poerwanti 2020 Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kegiatan Ekonomi Dengan Memanfaatkan Sumber Daya Alam Kelas IV Sekolah Dasar J Didakt. Dwija Indria 8(6)
[6] R Radiusman 2020 Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika FIBONACCI J Pendidik Mat Dan Mat 6(1)
[7] E Unaenah dan M S Sumantri 2019 Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan J Basicedu 3(1) 106–111
[8] L Stapleton dan J Stefaniak 2019 Cognitive Constructivism: Revisiting Jerome Bruner’s Influence on Instructional Design Practices TechTrends 63(1) 4–5
[9] Isrok’atun dan Amelia Rosmala 2018 Model-Model Pembelajaran Matematika (Jakarta : Bumi Aksara
[11] Samin 2023 Berpikir Kritis Dengan Game Edukasi (Sumedang : CV Mega Press Nusantara)
[12] J Nurlita B Robandi dan A D Fitriani 2019 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(3
[13] J Juhaeni E I Cahyani F A M Utami dan S Safaruddin 2023 Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah J. Instr Dev Res 3(2) 58–66
[14] Sugiyono 2022 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta)
[15] P Pujiati M Kanzunnudin dan S Wanabuliandari 2018 Penerapan Contextual Teaching and Learning Berbantu Blok Pecahan untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa ANARGYA J Ilm Pendidik Mat 1(2) 122–129
[16] N Nismawati H Nindiasari dan A Mutaqin 2019 Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lingkungan J. Penelit. Dan Pembelajaran Mat 12(1)
[17] E P Hapsari dan J I Poerwanti 2017 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar J Didakt. Dwija Indria 5(1) 49- 55
[18] I Febrita 2020 Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD 4(2)
[19] N Kurnia E P Permana dan C Permatasari 2023 Implementasi Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri J Simki Pedagog 6(2) 589–598
[20] U Z Luthfya 2020 Pengembangan Game Edukasi Beruang Pintar (Belajar Bangun Ruang Pintar) untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep J Didakt Dwija Indria 8(2)
[21] M Qian dan K R Clark 2016 Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research Comput Hum Behav 63 50–58
Refbacks
- There are currently no refbacks.