Analisis peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas 1 sd
Abstract
Guru mempunyai peran penting dalam perkembangan kemampuan membaca siswa. Namun, banyak siswa yang memiliki kemampuan membaca kurang baik. Oleh karena itu, guru perlu melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I SDN Setono. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta observasi tidak terstruktur. Analisis yang digunakan adalah teknik analisis kesalahan berbahasa Tarigan yang didukung dengan triangulasi sumber dan teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa guru terbukti mampu berperan sebagai demonstran, pengelola kelas, dan mediator dalam kemampuan membaca siswa kelas I dengan baik. Guru menjelaskan materi bacaan permulaan dengan jelas, mengelola kelas dengan suasana dan aturan yang cukup jelas, serta guru juga menggunakan media bacaan permulaan yang cukup bervariasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru telah berperan cukup baik melalui berbagai upaya yang dilakukan untuk mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] NM Kuntarto, Cermat dalam Berbahasa Teliti Dalam Berpikir. Bogor: Mitra Wacana Media, 2013.[2] N. Hidayah dan F. Hermansyah, “Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 3, tidak. 2, 2016.[3] A. Aminah, M. Kanzunnudin, dan I. Fathurohman, “Efektivitas buku cerita berbasis tradisi rembang untuk peningkatan keterampilan membaca siswa pada pembelajaran bahasa indonesia,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 11, tidak. 1 Maret 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72265.[4] H. Curtain, R. Donato, dan V. Gilbert, “Program Bahasa Asing Sekolah Dasar di Amerika Serikat,” dalam Pendidikan Bahasa Asing di Amerika, London: Palgrave Macmillan UK, 2016, hlm. 19–41. doi: 10.1057/9781137528506_2.[5] ADS Krissandi, B. Widharyanto, dan RP Dewi, Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta: Media Maxima, 2017.[6] A. Sumitra dan N. Sumini, “Peran Guru Dalam Mengungkapkan Kemampuan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Metode Read Aloud,” Jurnal Ilmiah Potensia, vol. 4, tidak. 2, hlm. 115–120, Juli 2019, doi: 10.33369/jip.4.2.115-120.[7] A. Amalia Rahmi dan Febrina Dafit, “Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, vol. 5, tidak. 2, hlm. 415–423, Agustus 2022, doi: 10.23887/jippg.v5i2.51363.[8] S. Rohana and A. Syahputra, “MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PASCA NEW NORMAL COVID-19,” AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, hal. 48, Juli 2021, doi: 10.47498/tadib.v13i01.488.[9] G. Yarmi dan S. Kaban, Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 2015.[10] M. Shobirin, Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Depublish, 2016.[11] Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.[12] Z. Hadid, M. Kanzunnudin, dan I. Fathurohman, “Pengembangan buku cerita rakyat rembang dalam pembejalaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 11, tidak. 1 Maret 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72266.[13] Helmawati, Pendidik Sebagai Model. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2016.[14] SB Djamarah dan A. Zein, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.[15] A. Latif, “Tantangan Guru dan Masalah Sosial Di Era Digital,” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), vol. 4, tidak. 3 Juli 2020, doi: 10.58258/jisip.v4i3.1294.[16] GF Utama, “Kemampuan Guru Mengelola Kelas 4 dan 5 SD Negeri Pandean Umbulharjo Yogyakarta,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 5, hal. 2016, 2016.[17] EW Wibowo, M. Kanzunnudin, dan I. Fathurohman, “Efektivitas buku cerita bergambar berbasis budaya lokal untuk peningkatan ketrampilan membaca,” Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 11, tidak. 1 Maret 2023, doi: 10.20961/jpd.v11i1.72264.
Refbacks
- There are currently no refbacks.