Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] V. S. Alpian and I. Yatri, “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 4, pp. 5573 – 5581, 2022, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/3298
[2] K. Pendidikan et al., “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013,” no. 813, pp. 2–4, 2013.
[3] R. Rahmawati, “Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XII SMK Al Falah Dago Bandung,” vol. I, no. 2, pp. 115–126, 2018.
[4] Nurul and F. Astuti, “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Persuasi Menggunakan Model Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Kalasan the Improvement of Persuasion Text Reading Comprehension Ability Using Discovery Learning Model for the Studets of Grade ,” Nurul Fitri Astuti)…, vol. 667, pp. 667–675, [Online]. Available: https://webcapp.ccsu.edu
[5] A. M. Hund, R. M. Bove, and N. Van Beuning, “Cognitive flexibility explains unique variance in reading comprehension for elementary students,” Cogn. Dev., vol. 67, p. 101358, February 2023, doi: 10.1016/j.cogdev.2023.101358.
[6] Monika and Afnita, “Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Padang,” pp. 253–259, September 2019.
[7] R. S. Amalia, R. Winarni, and M. I. Sriyanto, “Penerapan Model Pembelajaran SQ3R untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Peserta Didik Kelas IV”.
[8] B. Nurgiyantoro, "Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi," Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2016.
[9] F. Lutfia Ainun, “Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar di Indonesia”.
[10] V. T. H. Moko, “Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Ruang Kelas V SD Negeri 3 Rejamulya Tahun Ajaran 2021/2022,” pp. 6–20, 2022.
[11] S. Ratnawati, “Peningkatan Sikap Kerjasama pada Materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya Melalui Discovery Learning,” Wahana Kreat. Pendidik, vol. I, no. 1, pp. 34–42, 2018.
[12] Erita, “Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemahaman Membaca Teks Bahasa Inggris Melalui Model Discovery Learning pada Peserta Didik Kelas VIII 1 SMP Negeri 3 Koto Baru,” vol. 3, no. 1, pp. 145–159, Juni 2022.
[13] M. Hermanto, “Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Teks Report Siswa Kelas 9A Semester Genap SMPN 17 Jakarta Tahun 2019/2020,” vol. 1, no. 1, pp. 106–111, Januari 2021.
[14] Sugiyono, "Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D," Bandung: Alfabeta, 2013.
[15] Nasaruddin. R. Salam and F. Haslami, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Daya II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar,” pp. 1–25, 2022.
[16] S. Rini, “Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta didik Kelas VI,” vol. 7, no. 4, pp. 1403–1409, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i4.1469.
Refbacks
- There are currently no refbacks.