Analisis nilai profil pelajar pancasila dalam teks cerita fiksi pada buku siswa bahasa indonesia kelas 4 SD kurikulum merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hemaswitary, K. C., Mahfud, H., & Supianto, S. (2023) Persepsi Guru Mengenai Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(3). [2] Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. [3] Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3614–3625. [4] Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170-5175. [5] Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas PGRI Palembang. [6] Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167. [7] Prayoga, Ricky. (2023, Februari 5). Selama 2022 terdapat 323 kasus kenakalan remaja di Jakarta Selatan. ANTARA Kantor Berita Indonesia. Diperoleh 6 Juli 2023 dari https://www.antaranews.com/berita/3381300/selama-2022-terdapat-323-kasus-kenakalan-remaja-di-jakarta-selatan#mobile-nav [8] Bagus, Mukhtar. (2023, Juni 26). Viral! Anak SD Dianiaya Teman Sendiri hingga Babak Belur. SINDOnews.com. Diperoleh 6 Juli 2023 dari https://daerah.sindonews.com/ read/1138311/704/viral-anak-sd-dianiaya-teman-sendiri-hingga-babak-belur-1687791976 [9] Sucipto. (2023, Mei 31). Kisah Pilu Siswa SD Korban Bullying di Salatiga, Cak Imin Tawarkan Masuk Ponpes. SINDOnews.com. Diperoleh 6 Juli 2023 dari https://nasional.sindonews.com/ read/1113687/12/kisah-pilu-siswa-sd-korban-bullying-disalatiga [10] Hadi, Dharmawan. (2023, Mei 24). Kasus Anak SD Tewas di Keroyok Kakak Kelas di Sukabumi, Polisi Gelar Perkara di Polda Jabar.SINDOnews.com. Diperoleh 6 Juli 2023 dari https://daerah.sindonews.com/read/ 1107505/701/kasus-anak-sd-tewas-di-keroyok-kakak-kelas-di-sukabumi-polisi-gelar-perkara-di-polda-jabar-1684926307 [11] Casika, A., Lidia, A., & Asbari, M. (2023). Pendidikan Karakter dan Dekadensi Moral Kaum Milenial. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 13-19. [12] Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(3), 130-140. [13] Umairoh, U., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Menanamkan Karakter Pancasila pada Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9395-9399. [14] Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis Profil Pelajar Pancasila Elemen Bernalar Kritis dalam Modul Belajar Siswa Literasi dan Numerasi Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6132-6144. [15] Syaidah, S., Handayani, N., & Mirna, W. (2022). Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Pendek Senyum Karyamin dan Tawa Gadis Padang Sampah Karya Ahmad Tohari. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 286-296. [16] Istari, W. (2021). Analisis Nilai Karakter Cerita Legenda Dalam Buku Siswa Kelas IV SD Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Kurikulum 2013. Universitas Sebelas Maret [17] Utami, P. P. (2021). Analisis Nilai Karakter Dalam Cerita Nonfiksi pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Kurikulum 2013. Universitas Sebelas Maret [18] Mawarni, I. (2021). Analisis Unsur Intrinsik dan Nilai Karakter Cerita Pendek Dalam Buku Saya Senang Berbahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Sebelas Maret [19] Mulyani, D., Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225-238. [20] Subiyantoro, S., & Usman, M. (2018). Cooperative Learning: Landasan Psikologis, Konsep, Karakteristik, Manfaat dan Risiko Penggunaanya. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 144-153. [21] Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100. [22] Khaulani, F., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51-59. [23] Huda, M., Fawaid, A., & Slamet, S. (2023). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 64-72. [24] Setiawan, A. W., & Ningsih, T. (2021). Pemanfaatan Cerita Pendek Sebagai Media Pendidikan Karakter Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4). [25] Gunawan, I. G. D., Pranata, P., & Mitro, M. (2019). Cerita Dongeng Sebagai Media Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tampung Penyang, 17(02), 73-87. [26] Wijayanti, D. N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172-184. [27] Pravitasari, P. D., Mahfud, H., & Supianto, S. (2023) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(2). [28] Marmoah, S., Istiyato, S., Supianto, S., Mahfud, H., Sukarno, S. (2022). Penilaian Berbasis Proyek di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 6(2), 174-181. [29] Mutmainah, S. U., Permata, A. D., Kultsum, U. W., & Prihantin, P. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 443-453. [30] Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.