Hubungan antara minat baca dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Rahmad 2016 Kedudukan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada sekolah dasar J. Madrasah Ibtidaiyah 2(1) 67–78
[2] C. L. Indiarti, J. I. S. Poerwanti, and S. Sularmi 2022 Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 10(1) 449
[3] E. Yulianti, H. Mahfud, and M. Matsuri 2021 Kemampuan berpikir kritis peserta didik materi keberagaman pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VA sekolah dasar J. Pendidik. Dasar 11(1)
[4] A. Fati’ah, Riyadi, and J. Daryanto 2021 Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 9(6)
[5] D. P. Prastitiningtyas, S. Y. Slamet, and J. Daryanto 2021 Studi komparasi strategi pembelajaran drta dan pqrst terhadap keterampilan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca J. Pendidik. Ilm. 7(2) 75–80
[6] Maharani 2017 Minat baca anak-anak di kampoeng baca kabupaten jember J. Pendidik. Dasar 3 (1) 320–328
[7] L. Murtiningsih 2018 Pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas v sd se-gugus kusuma J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 7(40) 4–009
[8] Nurul Fadilla and Puri Pramudiani 2023 Hubungan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar J. Elem. Edukasia 6(2) 304–313
[9] D. Chrestella, N. B. Haka, and Supriyadi 2021 Analisis kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model multipel representasi J. Bio Educ., 6(2) 27–43
[10] N. W. Anggareni, N. P. Ristiati, and N. L. P. M. Widiyanti 2013 Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa smp e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha 3 1–11
[11] H. Yuono 2018 Hubungan minat baca dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 3(2) 181–200
[12] Listiara 2022 Pengaruh kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dan XI di SMK Ariya Metta J. Pemikir. dan Pendidik. Buddhis 8(2) 62–71
[13] Budiman 2016 Kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas tinggi SD negeri di kabupaten bogor J. Pendidik. Dasar 7 10–27
[14] W. Doang, I. B. K. Gunayasa, and H. Setiawan 2022 Hubungan budaya membaca dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v di SD negeri 3 lenek daya tahun 2020/2021 J. Ilm. Profesi Pendidik. 7(2) 579–584
[15] S. Zubaidah, A. D. Corebima, S. Mahanal, and Mistianah 2018 Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through remap GI and remap jigsaw Int. J. Instr. 11(2) 41–56
[16] E. B. Muhammad, A. S. Sholichah, and J. A. Aziz 2019 Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP islam al syukro universal ciputat Andragogi J. Pendidik. Islam dan Manaj. Pendidik. Islam 1(2) 332–343
[17] M. Zamroni and Warsono 2018 Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca (studi kasus budaya literasi mahasiswa PPKn universitas negeri surabaya) 8(2) 687–701
[18] L. Karimi and F. Veisi 2016 The impact of teaching critical thinking skills on reading comprehension of iranian intermediate EFL Learners Theory Pract. Lang. Stud. 6(9) 1869
Refbacks
- There are currently no refbacks.