Hubungan antara minat baca dengan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar

Ainun Dyah Purbaningrum, Jenny Indrastoeti Siti Poerwanti, Idam Ragil Widianto Atmojo

Abstract

The research purpose was determined the correlation of reading interest and critical thinking ability in social studies learning at elementary school. This research type is a quantitative approach with correlational research design. The research sample was fifth grade students at SDN Laban 01, SDN Wirun 04, SDN Laban 02, and SDN Plumbon 02, Mojolaban District, Sukoharjo Regency. The sampling technique applies the probability sampling technique of cluster random sampling type. Data collection techniques for reading interest and critical thinking ability are in the form of tests and questionnaires. Analysis prerequisite test using normality and linearity tests. Hypothesis testing using simple correlation analysis by applying Pearson Product Moment correlation and multiple correlation analysis with the help of the SPSS 21 program. The results showed that reading interest affect critical thinking ability in fifth grade students of SD in Mojolaban District.

Keywords

interest in reading, critical thinking ability, elementary school

Full Text:

PDF

References

[1] Rahmad 2016 Kedudukan ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada sekolah dasar J. Madrasah Ibtidaiyah 2(1) 67–78

[2] C. L. Indiarti, J. I. S. Poerwanti, and S. Sularmi 2022 Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 10(1) 449

[3] E. Yulianti, H. Mahfud, and M. Matsuri 2021 Kemampuan berpikir kritis peserta didik materi keberagaman pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VA sekolah dasar J. Pendidik. Dasar 11(1)

[4] A. Fati’ah, Riyadi, and J. Daryanto 2021 Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar Didakt. Dwija Indria 9(6)

[5] D. P. Prastitiningtyas, S. Y. Slamet, and J. Daryanto 2021 Studi komparasi strategi pembelajaran drta dan pqrst terhadap keterampilan membaca pemahaman ditinjau dari minat membaca J. Pendidik. Ilm. 7(2) 75–80

[6] Maharani 2017 Minat baca anak-anak di kampoeng baca kabupaten jember J. Pendidik. Dasar 3 (1) 320–328

[7] L. Murtiningsih 2018 Pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS siswa kelas v sd se-gugus kusuma J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 7(40) 4–009

[8] Nurul Fadilla and Puri Pramudiani 2023 Hubungan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan berpikir kritis peserta didik di sekolah dasar J. Elem. Edukasia 6(2) 304–313

[9] D. Chrestella, N. B. Haka, and Supriyadi 2021 Analisis kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model multipel representasi J. Bio Educ., 6(2) 27–43

[10] N. W. Anggareni, N. P. Ristiati, and N. L. P. M. Widiyanti 2013 Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa smp e-Journal Progr. Pascasarj. Univ. Pendidik. Ganesha 3 1–11

[11] H. Yuono 2018 Hubungan minat baca dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar 3(2) 181–200

[12] Listiara 2022 Pengaruh kemandirian belajar dan minat baca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X dan XI di SMK Ariya Metta J. Pemikir. dan Pendidik. Buddhis 8(2) 62–71

[13] Budiman 2016 Kemampuan berpikir kritis dan minat baca dengan kemampuan membaca kritis siswa kelas tinggi SD negeri di kabupaten bogor J. Pendidik. Dasar 7 10–27

[14] W. Doang, I. B. K. Gunayasa, and H. Setiawan 2022 Hubungan budaya membaca dengan keterampilan berpikir kritis siswa kelas v di SD negeri 3 lenek daya tahun 2020/2021 J. Ilm. Profesi Pendidik. 7(2) 579–584

[15] S. Zubaidah, A. D. Corebima, S. Mahanal, and Mistianah 2018 Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through remap GI and remap jigsaw Int. J. Instr. 11(2) 41–56

[16] E. B. Muhammad, A. S. Sholichah, and J. A. Aziz 2019 Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP islam al syukro universal ciputat Andragogi J. Pendidik. Islam dan Manaj. Pendidik. Islam 1(2) 332–343

[17] M. Zamroni and Warsono 2018 Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan membaca (studi kasus budaya literasi mahasiswa PPKn universitas negeri surabaya) 8(2) 687–701

[18] L. Karimi and F. Veisi 2016 The impact of teaching critical thinking skills on reading comprehension of iranian intermediate EFL Learners Theory Pract. Lang. Stud. 6(9) 1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.