Hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar matematika kelas V sekolah dasar

Ganik Sita Nur Utami, Riyadi Riyadi, Tri Budiharto

Abstract

Ganik Sita Nur Utami. K7119095. Dr. Riyadi, M.Si. Drs. Tri Budiharto, M.Pd. HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN LAWEYAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Sekecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SD kelas V Kecamatan Laweyan tahun pelajaran 2022/2023, sedangkan sampel pada penelitian yaitu yaitu peserta didik SD kelas V SDN Karangasem II, SDN Karangasem IV, SDN Kleco I, dan SDN Tunggulsari II. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data atau instrumen menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi sederhana, dan koefisien determinasi.
Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri Sekecamatan Laweyan Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan peirsamaan reigreisi Y ̂ = 21.622 + 0,735X. Koefisien korelasi r_xy= 0,321, dengan signifikansi thitung = 2,711 > ttabel = 1,669. Besar koefisien korelasi diinterpretasikan tergolong pada kategori yang rendah. Koefisien Determinasi diperoleh 0,103 artinya kontribusi pengelolaan kelas terhadap hasil belajar matematika sebesar 10,3%.

Keywords

Pengelolaan kelas, Hasil belajar, Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, and R. S. Dewi 2022 Pengertian Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(6) 1707–1715. M. I. Qureshi, N. Khan, H. Raza, A. Imran, and F. Ismail 2021 Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning J Interact. Mob Technol 15(4) 31–47. N. Z. Salvia, F. P. Sabrina, and I. Maula 2022 Analisis kemampuan literasi numerasi peserta didik ditinjau dari kecemasan matematika Prosiding seminar nasional pendidikan matematika 3(1) 351-359. F. D. Gultom 2022 Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa di SD Negeri 200223 Aek Tampang: Jurnal Estupro 7(3) 10-22. W. Hidayat, J. Jahari, and C. N. Shyfa 2020 Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah: Jurnal Pendidikan Uniga 14(1) 308. E. Widiasworo 2018 Cerdas Pengelolaan Kelas (Yogyakarta: Diva Press). A. W. Novan 2019) Manajemen kelas teori dan aplikasi untuk menciptakan kelas yang kondusif (Yogyakarta: Ar-ruz Media). Z. Azman 2020 Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran: Edification Journal 2(2) 51–64. B. Budiya 2021 Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4(1) 50–54. F. D. Gultom 2022 Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa di SD Negeri 200223 Aek Tampang: Jurnal Estupro 7(3) 10-22. Y. Hartani 2021 Hubungan Pengelolaan Kelas Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus VIII Kecamatan Terara Tahun Ajaran 2020/2021 Thesis (Mataram: Universitas Mataram). Sugiyono 2018 Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung : Alphabeta). R. Aulia and U. T. Sontani 2018 Pengelolaan kelas sebagai determinan terhadap hasil belajar: Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(2) 149–157. Y. Riyanti 2021 Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4) 1309–1317. A. Hidayatullah 2021 Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa: Jurnal Ilmu Pendidikan 3(4) 1451–1459. Idawati 2019 Hubungan Manajemen Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa: Jurnal Riset Pendidikan Dasar 2(1) 29-33. A. Nurulloh (2020) Peran Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Unggulan Hikmatul Amanah Thesis (Jawa Timur: Institut pesantren KH. Abdul Chalim).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.