Analisis pembelajaran menulis puisi peserta didik kelas IV sekolah dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Noermanzah, “Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian,” Pros. Semin. Nas. Bulan Bhs., hal. 306–319, 2019.
[2] A. M. Rambe, T. Sumadi, and R. S. M. Meilani, “Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, hal. 2134–2145, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.1121.
[3] R. Purnamasari and Samaya Doni, “Jurnaldidactique,” J. Didact. Bhs. Indones., vol. 2, no. 1, hal. 63–69, 2021.
[4] H. G. Tarigan, Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2021.
[5] K. A. H. Tahira, Haerussaleh, and N. Huda, “Analisis Kumpulan Puisi Karya Sitor Simurang (Pendekatan Hermeneutik),” J. Pendidik. Bhs. Indones., vol. 10, no. 1, hal. 37–44, 2022.
[6] A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2013.
[7] G. F. B. Setyadi, R. Winarni, and A. Surya, “Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas IV SD,” Didakt. Dwija Indria, vol. 9, no. 3, hal. 1–4.
[8] D. Astuti, “Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi: Studi Deskriptif,” J. Penelit. dan Pengemb. Sains dan Hum., vol. 4, hal. 2, pp. 89–96, 2020.
[9] I. P. Widyanto and E. T. Wahyuni, “Implementasi Perencanaan Pembelajaran,” Satya Sastraharing, vol. 04, no. 02, hal. 16–35, 2020.
[10] A. R. Saputra, I. R. W. Atmojo, and D. Y. Saputri, “Analisis konten Keterampilan Proses Sains Dasar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Dasar, no. 449, doi: https://doi.org/10.20961/jpd.v9i1.49891.
[11] Kemendikbud, “Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Tentang Standar Proses Pada Pendidikan Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah,” Peratur. Menteri Pendidik. Dan Kebud. Republik Indones. Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidik. Dasar Dan Menengah, vol. 1, no. 69, hal. 5–24, 2022.
[12] G. E. Tompkins, Teaching Writing Balancing Process and Product. New York: Macmillan College Publishing Company, 2018.
[13] A. Nurhasanah, R. A. Pribadi, and J. A. Mangku, “Implementasi Kegiatan Pembelajaran Terpadu Di Sdn Kebon Jahe,” J. Ilm. Telaah, hal. 183–191, 2022.
[14] D. P. Astuti, A. Muslim, and D. Bramasta, Analisis Persiapan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri Jambu 01,” vol. 7, no. 2, hal. 185–192, 2020.
[15] S. M. Dani, “Kemampuan Guru PAI dalam Mengembangkan Materi Ajar di SMK PAB 2 Helvetia,” J. Liaison Acad. Soc., vol. 3, no. 1, hal. 370–378, 2023.
[16] F. I. Nurlaili, “Implementasi Media Audio Visual Berbasis Game dengan Teknik Akrostik dalam Pembelajaran Menulis Puisi Kelas IV SD Negeri 2 Kedungwuluh Kidul,” J. Pendidik. Indones. J. Ilm. Pendidik., vol. 8, no. 449, hal. 2–5, 2022, doi: https://doi.org/10.20961/jpi.v8i1.60911.
[17] Mujibburahman, B. S. Kartiani, and L. Parhanudin, “Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 1, no. 1, hal. 39–48, 2023.
[18] A. Sriyanti, S. Mania, and N. H. A, “Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Berbentuk Uraian Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa MAN 1 Makassar,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, hal. 57–69, 2019.
[19] F. Aiman, P. N. Putra, and F. Nugraha, “Memahami Makna Tes, Pengukuran (Measurement), Penilaian (Assessment), Dan Evaluasi (Evaluation) Dalam Pendidikan,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, hal. 1696–1705, 2021.
Refbacks
- There are currently no refbacks.