Hubungan self regulated learning dengan keterampilan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
[1] Novarita. (2015). Pendidikan dan pembentukan karakter dengan pembelajaran jurnal kepribadian. Seminar Nasional, 234–239.
[2] Kusniawati, I., Vahlia, I., & ES, Y. R. (2020). Peningkatan self-regulated dan berpikir kritis matematika melalui model pembelajaran treffinger. EMTEKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.24127/emteka.v1i1.411
[3] Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran discovery learning berbasis assessment learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17
[4] Gusmawan, D. M., Priatna, N., & Martadipura, B. A. P. (2021). Perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self-regulated learning. Jurnal Analisa, 7(1), 6675. https://doi.org/10.15575/ja.v7i1.11749
[5] Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret keterampilan berpikir kritis dan motivasi berprestasi mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323
[6] Indiarti, C. L., Poerwanti, J. I. S., & Sularmi, S. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria,449.https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/61573%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/viewFile/61573/36570
[7] Yulianti, E., Mahfud, H., & Matsuri, M. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Keberagaman Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas VA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/59920%0Ahttps://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/download/59920/39238
[8] Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114.
[9] Fati’ah, A., Riyadi, & Daryanto, J. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6).
[10] Ennis R H 2011 The nature of critical thinking : An outline of critical thinking dispositions (Illinois: University of Illinois) pp 1–8
[11] AB. Dimas Ghimby. (2022). Pengaruh self-regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JOEL, 1, 1–23.
[12] Sa’adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.29680
[13] Farcis, F. (2019). Profil keterampilan berpikir kritis mahasiswa pendidikan fisika universitas palangka raya dalam proses analisis artikel ilmiah. Jurnal Jejaring Matematika Dan Sains, 1(1), 52–58. https://doi.org/10.36873/jjms.v1i1.137
[14] Yanti, Y. E., Susilo, H., Amin, M., & Hastuti, U. S. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru sekolah dasar. Seminar Nasional Biologi “Inovasi Penelitian Dan Pendidikan Biologi III (IP2B III) 2019” Analisis, 3(2), 77–86.
[15] Chrestella, D., Haka, N. B., & Supriyadi, S. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis dan self regulation peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model multipel representasi. Bio Educatio, 6(1), 27–43. https://www.neliti.com/publications/377794/analisis-kemampuan-berpikir-kritis-dan-self-regulation-peserta-didik-melalui-pem
[16] Nurbaeti, Nuryanti, S., & Purwitasari, D. (2015). Hubungan gaya belajar dan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran Kimia di Kelas X SMKN 1 Bungku Tengah. E-Jurnal Mitra Sains, 3(2), 24–33. https://media.neliti.com/media/publications/153884-ID-hubungan-gaya-belajar-dengan-keterampila.pdf
[17] Abid, M. M., & Rahaju, E. B. (2018). Kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam memecahkan masalah turunan ditinjau dari tipe kepribadian sensing dan intuitive. Mathe Dunesa : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 340–349. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/24033
[18] Yelli Ramalisa. (2013). Proses berpikir kritis siswa SMA tipe kepribadian thinking dalam memecahkan masalah matematika. Edumatica Volume, 03(1), 42–47.
[19] Suci, E. R. (2019). Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian SMP Swasta Al Washliyah Ampera Ii Medan. Jurnal Dialog 8(2), 854–863
[20] Mulyani, E., Ratnaningsih, N., & Sirri, E. L. (2020). Analisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir reflektif matematis ditinjau dari tipe kepribadian. Of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 46–56
[21] Rahmawati, E., & Alaydrus, F. M. (2021). Pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran blended learning. Jurnal Al–Hikmah, 9(1), 122–129.
[22] Faruq, & Daliman. (2021). Pelatihan self regulated learning untuk skripsi. Abdimas Dewantara, 4(2), 38–49. https://doi.org/10.30738/ad.v4i2.10577
[23] Zimmerman, B. J., & Zimmerman, B. J. (2010). Becoming a self-regulated learner : An Overview becoming a self-regulated learner. Theory Into Practice, 5841(2002), 64–70. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102
[24] Rohani. (2017). Peningkatan kemampuan kognitif mahasiswa melalui penerapan model course review horay pada mata kuliah pengantar pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1(July), 1–23.
[25] Maulidya, F., Adelina, M., & Alif Hidayat, F. (2018). Periodesasi perkembangan dewasa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699
[26] Wayudi, M., -, S., & Santoso, B. (2020). Tingkat kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan self regulated learning melalui metode guided discovery learning. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(2), 18–35. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i2.6329
[27] Lidiawati, L., Pursitasari, I. D., & Heliawati, L. (2022). Critical thinking skills and self regulated learning of student during the covid-19 pandemic. EduChemia 7(1), 1–13. https://doi.org/10.30870/educhemia.v7i1.10627
[28] Napis, N., & Rahmatulloh, R. (2021). Pengaruh regulasi diri dalam pembelajaran daring menggunakan schoology terhadap pemecahan masalah fisika mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 270–281. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i2.94
[29] Fauzi, A. M., & Abidin, Z. (2019). Analisis keterampilan berpikir kritis tipe kepribadian thinking. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–8. https://www.researchgate.net/publication/337054863_Analisis_Keterampilan_Berpikir_Kritis_Tipe_Kepribadian_Thinking-Feeling_Dalam_Menyelesaikan_Soal_PISA
[30] Zimmerman, B. J. (1990). Self-regulated learning and academic achievement: An overview. Educational Psychologist, 25(1), 3–17. https://doi.org/10.1207/s15326985ep2501_
[31] Facione, P. (2011). Critical thinking : What it is and why it counts. Insight Assessment, ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 1–28. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
[32] Maslakhatunni’mah, D., Safitri, L. B., & Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas VII SMP. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, 179–185.
[33] Susilowati, Sajidan, & Ramli, M. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Magetan. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 21(2000), 223–231.
[34] Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
[35] AB. Dimas Ghimby. (2022). Pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JOEL, 1, 1–23.
Refbacks
- There are currently no refbacks.