Implementasi manajemen kelas pada kurikulum merdeka di kelas 1 sekolah dasar

Triago Ferdiansyah, Sri Marmoah, Fadhil Purnama Adi

Abstract

Abstract. This research is entitled Implementation of Class Management Phase A in the Independent Curriculum at Bumi 1 Public Elementary School Number 67 Surakarta in the Academic Year 2022/2023. The purpose of this study is to describe the implementation of phase A class management in Bumi 1 public elementary school Number 67 Surakarta for the 2022/2023 academic year which is reviewed based on principles, approaches, basic teaching skills, and dimensions of classroom management. This research uses a qualitative approach with descriptive  methods. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires, and documentation. The results of the study show that educators  have implemented classroom management which consists of principles, approaches, basic teaching skills, and dimensions of classroom management. However, educators do not apply the threat approach. The conclusion from this study is that educators have implemented phase A class management in the Independent Curriculum.

Keywords

Classroom Management, Independent Curriculum, and Elementary School

Full Text:

PDF

References

Oci, Markus 2018 Manajemen Kelas J. Teruna Bhakti 1(1) 50 [2] W Hidayat, J Jahari, & C N Shyfa 2020 Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Madrasah J. Pendidikan Universitas Garut 14(1) 315 [3] S Marmoah 2022 Manajemen Kelas, Teori dan Praktik (Purbalingga: Eureka Media Aksara) p78 [4] E Maylitha, M C Parameswara, M F Iskandar, M F Nurdiansyah, S N Hikmah, Prihantini 2023 Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa J. on Education 5(2) 2191 [5] S Marmoah, B N Mulia, & A Nafisah 2023 Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Kelas Sekolah Dasar J. Ilmiah Dikdaya 13(1) 163 [6] F S Wahid, Yasin, & A Mutaqin 2021 Manajemen Kelas (Klaten: Lakeisha) p4 [7] Masriani & Istikomah 2020 Urgensi Manajemen Kelas pada Pendidikan Dasar J. Mitra PGMI 6(1) 160 [8] I Sari & S Gumiandari (2022) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pasca Pembelajaran Daring di SMKN 2 Cirebon J. of Education and Culture 1(1) 4 [9] Pujiman, Rukayah, & Matsuri 2021 Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar J. Pendidikan Ilmiah 7(2) 126-127 [10] S Suleha, S Sholeh, & M Maryati 2021 Penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI J. Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran 4(3) 436-437 [11] A Wahidin, B Y Suryadi, & G Chintia 2023 Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran yang Efektif di SMK Pasundan Cijulang J. Riset Ilmiah 2(2) 464-466 [12] W Walidin, Saifullah, & Tabrani 2015 Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory (Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry) p77 [13] Sudaryono 2016 Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: Kencana) p12 [14] Sugiyono 2019 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta) p322 [15] Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Bandung: Alfabeta) p372 [16] W Widiyono, S N C Attalina, & W Sutriyani 2020 Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru terhadap Proses Pembelajaran di SDN 02 Banjaran Jepara J. Riset Pendidikan Dasar 1(2) 59 [17] E Widiasworo 2018 Cerdas Pengelolaan Kelas (Yogyakarta: Diva Press) p19-20 [18] A Susanti & N Janattaka 2020 Analisis Keterampilan Guru dalam Mengadakan Variasi PembelajaranTematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung J. Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar 6(1) 58 [19] Rukayah & A Kadir 2022 Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SD Negeri 24 Macanang Kabupaten Bone J. Ilmiah Ilmu Pendidikan 6(3) 630 [20] I Victoryine 2017 Mengatasi Bullying Siswa Sekolah Dasar dengan Menerapkan Manajemen Kelas yang Efektif J. Pedagogik 5(1) 38 [21] M Toharudin 2020 Manajemen Kelas (Klaten: Lakeisha) p12 [22] S Adianto, E Kusumarini, & Nurhayati 2020 Analisis Manajemen Pendekatan Kelas dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik SDN 002 Sungai Pinang J. Ilmu Pendidikan 3(2) 81-84 [23] H Hidayah & E Mardianti 2021 Pelaksanaan Pendekatan Resep dalam Pengelolaan Kelas pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas III A Whustho Pondok Pesantren Hidayatullah Karimun J. Mumtaz 1(2) 121 [24] Umar & Hendra 2020 Konsep Dasar Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran di Sekolah J. Ilmiah Kreatif 18(1) 107-108 [25] M Ramdani, S Y Yuliyanti, I T Rahmatulloh, & Suratman 2022 Penggunaan Platform Merdeka Mengajar pada Guru Sekolah Dasar J. of Instructional and Development Research 2(6) 251 [26] M Andriyani 2022 Keterampilan Dasar Mengajar yang Harus Dikuasai Oleh Guru untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas dalam Proses Pembelajaran J. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer 1(1) 2-3 [27] Oktaviani, Syahrillfuddin, & Lazim N. 2019 Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran dalam Pembelajaran Matematika SD Negeri 192 Pekanbaru J. Pendidikan dan Pengajaran 3(1) 51 [28] I Gunawan 2019 Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasinya (Depok: PT RajaGrafindo Persada) p20-21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.