KETERAMPILAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH MELALUI METODE LESSON STUDY GURU SD LAWEYAN SURAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kolaboratif, Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi: 1) Metode Pemaparan Ahli; 2) Diskusi; 3) Tanya Jawab; 4) Praktik Langsung; 5) Pemaparam hasil diskusi dan pemberian feed back. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru SD di SDN Laweyan Surakarta. Terdapat 15 guru SD. Hasil pengabdian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test adalah 59,5 dengan jumlah ketuntusan 2 (48, 33 5 %) dari 15 guru. Sedangkan untuk nilai postest rata-rata nilai peserta adalah 78,5 dengan jumlah ketuntusan 7 (83,33 %) dari 15 guru. Oleh karena itu dapat disimpukan, bahwa melalui pengbidan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah
Keywords
penulisan; publikasi; artikel ilmiah; guru sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Bantuan Sosial. (2007).
Pedoman Pendamping pada
Rumah Perlindungan dan
Trauma. (D. S. RI, Ed.). Jakarta.
Eko, W. S. (2015). Manajemen
Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Krismanto, W. (2016). Publikasi Ilmiah
sebagai Wujud Profesionalisme
Guru. Eprints Unm, 1–10.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan
Profesionalisme Guru Melalui
Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Bagi Guru Profesional di SMA
Negeri 1 Kauman Kabupaten
Tulungagung. Jurnal Humanity,
(1), 97–114.
Subadi, T. (2015). Pengembangan
Keprofesian Guru Melalui
Publikasi Ilmiah dan Karya
Inovatif, 1–7.
Wibowo, A. (2017). Giatkan (Lagi)
Publikasi Karya Ilmiah. Jakarta.
Retrieved from
http://litbang.kemendagri.go.id
Refbacks
- There are currently no refbacks.