Keterampilan penulisan dan publikasi artikel ilmiah melalui metode lesson study guru sekolah dasar Laweyan Surakarta

Sukarno Sukarno

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kolaboratif, Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi: 1) Metode Pemaparan Ahli; 2) Diskusi; 3) Tanya Jawab; 4) Praktik Langsung; 5) Pemaparam hasil diskusi dan pemberian feed back. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru SD di SDN Laweyan Surakarta. Terdapat 15 guru SD. Hasil pengabdian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test adalah 59,5 dengan jumlah ketuntusan 2 (48, 33 5 %) dari 15 guru. Sedangkan untuk nilai postest rata-rata nilai peserta adalah 78,5 dengan jumlah ketuntusan 7 (83,33 %) dari 15 guru. Oleh karena itu dapat disimpukan, bahwa melalui pengbidan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah

Keywords

penulisan; publikasi; artikel ilmiah; guru sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Direktorat Bantuan Sosial. (2007). Pedoman Pendamping pada Rumah Perlindungan dan Trauma. (D. S. RI, Ed.). Jakarta. Eko, W. S. (2015). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Krismanto, W. (2016). Publikasi Ilmiah sebagai Wujud Profesionalisme Guru. Eprints Unm, 1–10. Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114. Subadi, T. (2015). Pengembangan Keprofesian Guru Melalui Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif, 1–7. Wibowo, A. (2017). Giatkan (Lagi) Publikasi Karya Ilmiah. Jakarta. Retrieved from http://litbang.kemendagri.go.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.