KETERAMPILAN PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL ILMIAH MELALUI METODE LESSON STUDY GURU SD LAWEYAN SURAKARTA

Sukarno Sukarno

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kolaboratif, Metode yang digunakan dalam pelatihan meliputi: 1) Metode Pemaparan Ahli; 2) Diskusi; 3) Tanya Jawab; 4) Praktik Langsung; 5) Pemaparam hasil diskusi dan pemberian feed back. Mitra kegiatan ini adalah guru-guru SD di SDN Laweyan Surakarta. Terdapat 15 guru SD. Hasil pengabdian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test adalah 59,5 dengan jumlah ketuntusan 2 (48, 33 5 %) dari 15 guru. Sedangkan untuk nilai postest rata-rata nilai peserta adalah 78,5 dengan jumlah ketuntusan 7 (83,33 %) dari 15 guru. Oleh karena itu dapat disimpukan, bahwa melalui pengbidan ini dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah

Keywords

penulisan; publikasi; artikel ilmiah; guru sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

Direktorat Bantuan Sosial. (2007).

Pedoman Pendamping pada

Rumah Perlindungan dan

Trauma. (D. S. RI, Ed.). Jakarta.

Eko, W. S. (2015). Manajemen

Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Krismanto, W. (2016). Publikasi Ilmiah

sebagai Wujud Profesionalisme

Guru. Eprints Unm, 1–10.

Noorjannah, L. (2014). Pengembangan

Profesionalisme Guru Melalui

Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Bagi Guru Profesional di SMA

Negeri 1 Kauman Kabupaten

Tulungagung. Jurnal Humanity,

(1), 97–114.

Subadi, T. (2015). Pengembangan

Keprofesian Guru Melalui

Publikasi Ilmiah dan Karya

Inovatif, 1–7.

Wibowo, A. (2017). Giatkan (Lagi)

Publikasi Karya Ilmiah. Jakarta.

Retrieved from

http://litbang.kemendagri.go.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.