Membumikan kearifan lokal dalam bahan ajar: strategi inovatif meningkatkan minat belajar siswa madrasah ibtidaiyah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa madrasah ibtidaiyah, penelitian ini mengkaji bagaimana membuat bahan ajar yang menekankan nilai-nilai kearifan lokal. Dengan menggunakan studi pustaka kualitatif, berbagai literatur terkait kearifan lokal, pembelajaran di madrasah ibtidaiyah, dan strategi pengembangan bahan ajar dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan unsur-unsur kearifan lokal, seperti cerita rakyat, permainan tradisional, dan kegiatan budaya, dapat memperkaya konteks pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan siswa. Namun, ada beberapa tantangan yang dihadapi, termasuk kompetensi guru yang terbatas, kurangnya dukungan dari sekolah, dan kurangnya referensi terkait penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran. Untuk mengatasi kendala tersebut, diperlukan sinergi antara guru, sekolah, masyarakat setempat, dan pemerintah. Bahan ajar berbasis kearifan lokal memiliki potensi besar untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan relevan secara budaya sekaligus berkontribusi pada pelestarian budaya lokal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
L. Badriah dan S. Sukati, “INTERGRASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Se-KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA,” JMIE J. Madrasah Ibtidaiyah Educ., vol. 5, no. 1, hlm. 46, Jun 2021, doi: 10.32934/jmie.v5i1.184. [2] N. W. Sumartini, I. W. Lasmawan, dan I. W. Kertih, “EKSPLORASI KENDALA GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR,” Soc. J. Inov. Pendidik. IPS, vol. 4, no. 4, hlm. 665–671, Feb 2025, doi: 10.51878/social.v4i4.4461. [3] J. W. Creswell, Qualitative inquiry & research design: choosing among five approaches, 4th ed., International student edition. Los Angeles, CA: SAGE, 2018. [4] D. Annisha, “Integrasi Penggunaan Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Proses Pembelajaran pada Konsep Kurikulum Merdeka Belajar,” J. Basicedu, vol. 8, no. 3, hlm. 2108–2115, Jun 2024, doi: 10.31004/basicedu.v8i3.7706. [5] T. Sastra Atmaja, “INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN,” J. Pendidik. Kewarganegaraan, vol. 8, no. 1, hlm. 171–179, Jun 2024, doi: 10.31571/jpkn.v8i1.7380. [6] M. L. Sumarni, S. Jewarut, S. Silvester, F. V. Melati, dan K. Kusnanto, “Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 3, hlm. 2993–2998, Jul 2024, doi: 10.37985/jer.v5i3.1330. [7] Nur Amaliyah, Nisrochah Hayati, dan Ria Kasanova, “Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di MTs Miftahus Sudur Campor Proppo,” Dewantara J. Pendidik. Sos. Hum., vol. 2, no. 3, hlm. 129–147, Jul 2023, doi: 10.30640/dewantara.v2i3.1352. [8] D. Adela, I. W. Suastra, dan I. B. P. Arnyana, “INTEGRASI INDIGENOUS KNOWLEDGE MELALUI ETHNOBOTANY DAN ETHNOECOLOGY TANAMAN LOKAL KASEPUHAN CIPTAGELAR DALAM PEMBELAJARAN IPAS di SD,” J. Pendidik. DASAR, vol. 11, no. 2, hlm. 208–216, Des 2023, doi: 10.46368/jpd.v11i2.977. [9] D. R. Andini dan M. Sirozi, “Integrasi Kearifan Lokal dalam Perencanaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam,” J. Inov. Eval. Dan Pengemb. Pembelajaran JIEPP, vol. 4, no. 3, hlm. 465–471, Des 2024, doi: 10.54371/jiepp.v4i3.566. [10] Y. Primasari, N. Ulia, dan S. Yustiana, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SAMIN GUNA MENYUKSESKAN GERAKAN LITERASI,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, hlm. 51, Jan 2021, doi: 10.30659/pendas.8.1.51-62. [11] I. Imaduddin dan V. H. Sundi, “Penggunaan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Semangat Belajar Siswa,” 2024. [12] I. Wulandari, E. Handoyo, A. Yulianto, S. Sumartiningsih, dan P. X. Fuchs, “Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Siswa di Era Globalisasi,” 2024. [13] D. R. Mahmud, “Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Nelayan di Nusantara untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Innov. Teach. Prof., vol. 1, no. 3, hlm. 121–133, Des 2023, doi: 10.17977/um084v1i32023p121-133. [14] A. Imron dan M. Shobirin, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru MI di Kota Semarang,” Dimas J. Pemikir. Agama Untuk Pemberdaya., vol. 21, no. 1, hlm. 71–100, Mei 2021, doi: 10.21580/dms.2021.211.7342. [15] D. Hermansyah dan M. Ali, “PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI MADRASAH IBTIDAIYAH,” 2025. [16] Irpan, A. Sutisnawati, dan L. Hamdani Maula, “Penerapan materi ajar berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman budaya pada siswa sekolah dasar negeri Cikarang kelas III,” COLLASE Creat. Learn. Stud. Elem. Educ., vol. 7, no. 2, hlm. 257–263, Mar 2024, doi: 10.22460/collase.v7i2.22546. [17] “Kolaborasi Kearifan Lokal dan Teknologi: Pelatihan Inovatif untuk Guru SD oleh kelompok PKM Nusa Putra University | Radar Sukabumi.” Diakses: 14 April 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://radarsukabumi.com/pendidikan/universitas-nusa-putra/kolaborasi-kearifan-lokal-dan-teknologi-pelatihan-inovatif-untuk-guru-sd-oleh-kelompok-pkm-nusa-putra-university/ [18] A. Dwi Saputra, Firda Nurul Fauziah, dan Sarwiji Suwandi, “Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar,” KEMBARA J. Sci. Lang. Lit. Teach., vol. 8, no. 2, hlm. 335–348, Okt 2022, doi: 10.22219/kembara.v8i2.21726. [19] S. Nurhidayah, A. Rahmawati, dan D. S. Saputra, “PENDIDIKAN MULTIKULTURAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL,” 2022. [20] R. Umam dan A. M. Husain, “Pengintegrasian Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Kritikalitas dan Alternatif Solusi berdasarkan Literatur,” vol. 5, no. 2, 2024. [21] W. Dharmawan dan I. G. D. Gunawan, “KENDALA DAN SOLUSI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI SE KOTA PALANGKA RAYA,” 2023. [22] F. Wilda, “Identifikasi Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar,” Trapsila J. Pendidik. Dasar, vol. 4, no. 2, hlm. 11, Des 2022, doi: 10.30742/tpd.v4i2.2618. [23] M. A. F. Muwahhida, “MEMBANGUN KEBANGSAAN DAN MEMPERKUAT BUDAYA LOKAL MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR,” vol. 08, 2023. [24] A. Rezkya Nugraha dan U. A. Deta, “Profil Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Program Unggulan Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Studi Observasional,” J. Ilmu Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, hlm. 51–55, Jul 2023, doi: 10.58706/jipp.v1n2.p51-55. [25] I. K. N. Ardiawan, “Pengembangan Komik Audio Visual Pendidikan Pancasila Berorientasi Kearifan Lokal,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 4, hlm. 181–194, Okt 2024, doi: 10.37329/cetta.v7i4.3652. [26] P. Rachmadyanti, “PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI KEARIFAN LOKAL,” J. Pendidik. Sekol. Dasar, vol. 3, no. 2, hlm. 201, Sep 2017, doi: 10.30870/jpsd.v3i2.2140. [27] N. Shofiyah, F. N. Hasanah, dan S. Miluningtias, “Workshop untuk Pembuatan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Kearifan Lokal Sidoarjo,” JPM J. Pemberdaya. Masy., vol. 5, no. 2, hlm. 453–460, Nov 2020, doi: 10.21067/jpm.v5i2.4416. [28] N. Farhatin, H. Pujiastuti, dan A. Mutaqin, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII,” Prima J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 1, hlm. 33, Jan 2020, doi: 10.31000/prima.v4i1.2082. [29] N. F. Yuniarti dan M. Sirozi, “Perencanaan Berbasis Kearifan Lokal untuk Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam,” Ainara J. J. Penelit. Dan PKM Bid. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 3, hlm. 336–341, Sep 2024, doi: 10.54371/ainj.v5i3.568. [30] N. Hikmah, A. Kuswidyanarko, dan P. H. M. Lubis, “Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 04 Puding Besar,” J. PGSD J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 15, no. 2, hlm. 137–148, Nov 2022, doi: 10.33369/pgsd.15.2.137-148. [31] I. S. A. Maharani, “PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK CITA-CITAKU BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR,” 2016. [32] S. F. Meilana dan A. Aslam, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, hlm. 5605–5613, Mei 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.2815. [33] L. Azizah, “View of Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa.” Diakses: 27 April 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/dawuhguru/article/view/340/218 [34] S. Nurul Azminah dkk., “PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL AJAR KEARIFAN LOKAL PASURUAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SATUAN PAUD,” PANCASONA, vol. 2, no. 2, hlm. 405–414, Jul 2023, doi: 10.36456/pancasona.v2i2.7605. [35] Rahayu, “PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP PENINGKATAN RASA NASIONALISME PESERTA DIDIK,” 29 Mei 2022, Thesis Commons. doi: 10.31237/osf.io/ay82q. [36] Y. Tinja dan S. M. Towaf, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL MANGGARAI BARAT NTT,” 2023. [37] M. I. Dzulkurnain, D. Cahyono, I. Nasar, T. Kusayang, dan M. N. Sari, “PELATIHAN GURU SEKOLAH MENENGAH DALAM IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN INOVATIF: KONTRIBUSI PERGURUAN TINGGI,” no. 2, 2024. [38] “Kolaborasi dalam Integrasi Budaya Lokal ke Pendidikan Indonesia Halaman 1 - Kompasiana.com.” Diakses: 14 April 2025. [Daring]. Tersedia pada: https://www.kompasiana.com/raisahermawan9985/66c604cb34777c5ae12dda02/kolaborasi-dalam-integrasi-budaya-lokal-ke-pendidikan-indonesia [39] N. Sutarna dan A. F. Lutfi, “Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi,” Nat. J. Kaji. Penelit. Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2b, hlm. 883–894, Des 2021, doi: 10.35568/naturalistic.v5i2b.1218.
Refbacks
- There are currently no refbacks.