Analisis penerapan media interaktif terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar yang baik untuk siswa mi miftahul jannah

Afifah Agustini, Firdaus Ainul Yaqin, Nur Fitri Amalia

Abstract

Media plays an important role in the classroom because it can foster students, curiosity, motivate them, and touch their souls. The use of learning media at the teaching orientation stage improves the learning process and the delivery of materials in a simple and easy way. The research method uses a qualitative approach. The purpose of the study was to increase students` low interest and motivation in learning, the results of the study showed that the application of interactive media is very useful and has many positive impacts on students so that it can foster interest and motivation in students.

Keywords

application of interactive media

References

Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GAME EDUKATIF PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Fisika , 6. [2] Dewi, N. P., Arnyana, I. B., & Suja, I. W. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Digital Bermuatan Tri Hita Karana Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. jurnal pendidkan dan pendidikan ke-sd-an , 12, 257-263. [3] Fitri, Z., Akbar, M. Z., & ula, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Di Smkn 3 Lhokseumawe. 5, 106-124. [4] Hidayah, N., Nafitri, S. E., Zaky, F., & Ati MZ, A. S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. jurnal pendidikan dasar , 3, 83-91. [5] Nurjannah, N., Ndari, N., Awaludin, A., & Fizen, F. (2025). PengembanganMedia Pembelajaran Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswadi SMAN 2 Woja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia , 5, 290–298. [6] Roosita, B., Lestari, D. P., & Setyawan, A. (2022). Keterkaitan Media Interaktif Dengan Semangat Belajar Peserta Didik. Education Curiosity , 1, 117–122. [7] Sudarsono, A., Nurmalia, N., Adelia, A., Rahmawati, L., & Syahputra, F. I. (2025). Analisis Efektivitas Penggunaan Quizizz terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan , 5, 10. [8] Sudiartini, N. N., & Margunayasa, I. G. (2023). PERANAN POSTER EDUKASI SEBAGAI MEDIA BELAJAR INTERAKTIF MATERI IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR: TINJAUAN SISTEMATIK. jurnal ilmiah pendidikan dasar , 8, 1503-1513. [9] syalommitha, e. p., & fanani, a. (2025). Pengaruh Model Giving Question And Getting Answer (GQGA) Berbantuan Media Digital Genially Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPAS Materi Lapisan Bumi di Sekolah Dasar. jurnal pendidikan dasar flobamorata , 6, 146-154. [10] Timu, D., Nahak, K. E., Soinbala, H. V., Tasuib, M., Lesik, N. M., & Koy, R. (2024). Analisis Penerapan Media Truth or Dare untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKn Kelas II Sekolah Dasar. jurnal pendidikan dan pembelajaran indonesia , 4, 524–533. [11] Utomo, F. T. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. jurnal ilmiah pendidkan dasar , 8, 3635-3645. [12] Wulandari, W. A., & Rayungsari, M. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika , 3, 90–98. [13] Anggara, A. D., & Sujatmiko, B. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM KOMPETENSI DESAIN PRODUK MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DESAIN MEDIA INTERAKTIF BAGI SISWA SMK. Jurnal Information Technology and Education , 9, 63–72 [14] Octaviani, E. M., Humairah, H., & Khasanah, L. A. (2024). Penerapan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA , 4, 219–226.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.