Analisis profesionalisme guru dalam implementasi media pembelajaran untuk meningkatkan karakter siswa sekolah dasar

Nayyaroh Khoriidah, Salsabila Arzeki, Munawir Munawir

Abstract

Profesionalisme seorang guru dalam proses pembelajaran merupakan kunci utama dalam meningkatkan mutu pendidikan dimana seorang guru yang profesional tidak hanya memiliki pemahaman dan penguasaan materi yang baik, tetapi juga harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan etik profesional yang sesuai dengan standar kriteria yang telah ditentukan. Profesionalisme ini berperan dalam menciptakan pembelajaran yang inspiratif dan efektif serta membangun karakter siswa. Salah satu aspek penting dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti media berbasis audio-visual, digital, dan game dimana media pembelajaran ini tidak hanya membantu meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga berkontribusi dalam pembentukan karakter mereka, seperti kemandirian, disiplin, kejujuran, dan kerja sama. Namun, dalam implementasinya masih terdapat berbagai tantangan yang dihadapi guru. Oleh karena itu, peningkatan profesionalisme guru melalui pelatihan, dukungan struktural, dan pemanfaatan teknologi itu sangat penting. Dengan demikian, guru dapat lebih efektif dalam mengelola pembelajaran dengan memilih media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Keywords

karakter siswa; kompetensi guru; media pembelajaran; profesionalisme guru; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References

[1] S. Meida Putri, R. Ayatin2, I. Al, Y. Muttaqien3, U. Swadaya, and G. Jati, “PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN,” Jurnal Citra Pendidikan, vol. 4, no. 2, pp. 1690–1695, Apr. 2024, doi: 10.38048/JCP.V4I2.3516.

[2] “UU No. 14 Tahun 2005.” Accessed: Apr. 22, 2025. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

[3] M. Sodiq, H. Mahfud, and F. P. Adi, “Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web ‘Quizizz’ sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.” Accessed: Apr. 28, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/49324

[4] D. Review, : Jurnal, M. Pendidikan, and D. Pelatihan, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, vol. 3, no. 1, pp. 45–56, Jun. 2019, doi: 10.35446/DIKLATREVIEW.V3I1.349.

[5] F. Kurniawan, F. Nurkhotijah, H. Ummah, H. Rahmasari, and W. Wahyono, “Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Poster Berbasis Teknologi,” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, vol. 6, no. 1, pp. 264–269, Jan. 2023, doi: 10.20961/SHES.V6I1.71100.

[6] S. Ayu Maulana et al., “Peningkatan nilai karakter disiplin peserta didik kelas V sekolah dasar melalui penerapan model value clarification technique.” Accessed: Apr. 28, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/39839

[7] A. Hamid, “PROFESIONALISME GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN,” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, vol. 10, no. 1, pp. 1–17, Jun. 2020, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/159

[8] “UU No. 20 Tahun 2023.” Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/269470/uu-no-20-tahun-2023

[9] “PP No. 19 Tahun 2005.” Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

[10] “PP No. 74 Tahun 2008.” Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/4892/pp-no-74-tahun-2008

[11] F. N. Miftahul Janah, H. Nuroso, and E. Isnuryantono, “Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.” Accessed: Apr. 28, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/72716

[12] R. Setiani, S. Nurherlina, M. Dalimi, and K. Nurachadijat, “PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA-SISWI KELAS VI DI LEMBAGA PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH ADDA’WAH PARUNGKUDA,” VARIABLE RESEARCH JOURNAL, vol. 1, no. 02, pp. 463–470, Jul. 2024, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://variablejournal.my.id/index.php/VRJ/article/view/67

[13] K. Utami, “Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH DASAR”, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/230630237.pdf

[14] J. Purwono, S. Yutmini, and S. Anitah, “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PACITAN,” vol. 2, no. 2, pp. 127–144, 2014, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: http://jurnal.fkip.uns.ac.id

[15] “View of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DIGITAL.” Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/4687/3422

[16] T. E. Putri, A. F. Nuraini, T. Herman, and A. Hasanah, “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME UNTUK MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR SISWA KELAS IX DI SALAH SATU SMP NEGERI CIMAHI,” PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 49–54, Apr. 2024, doi: 10.33087/PHI.V8I1.329.

[17] I. S. Rasyid Karo-Karo, D. Tetap Jurusan Pendidikan Matematika FITK UIN-SU Medan, D. Tetap Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini FITK UIN-SU Medan, and J. V Williem Iskandar Pasar Medan Estate, “MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh”.

[18] A. K. Rikza and D. Darnoto, “Media Pembelajaran: Tuntutan Profesional Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 6, no. 4, pp. 3373–3383, Jul. 2024, doi: 10.31004/EDUKATIF.V6I4.7238.

[19] K. Kadari, “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Microsoft Office SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019,” Jurnal Profesi Keguruan, vol. 6, no. 1, pp. 45–53, May 2020, doi: 10.15294/JPK.V6I1.23141.

[20] E. Sennen, “PENGEMBANGAN MUTU DIRI GURU,” JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), vol. 1, no. 1, pp. 101–114, 2017, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/1310

[21] C. Salamudin, M. B. Hikam, S. Al, and M. Garut, “Implikasi Media Pembelajaran Digital Google Meet Terhadap Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Di SMPN 2 Garut),” Masagi, vol. 1, no. 2, pp. 94–102, Aug. 2023, doi: 10.37968/MASAGI.V1I2.274.

[22] Muti’ah and E. N. S. Patty, “MEDIA PEMBELAJARAN DAN PERKEMBANGAN KARAKTER SISWA: SEBUAH ANALISIS KOMPARATIF,” Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 6, no. 2, Apr. 2024, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://journalpedia.com/1/index.php/jpi/article/view/1098

[23] Abd. H. Isa, “KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PESERTA DIDIK,” E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, vol. 0, no. 0, pp. 207–218, Oct. 2020, Accessed: Apr. 23, 2025. [Online]. Available: https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.