SNAKES AND LADDERS GAME MEDIA DEVELOPMENT FOR GEOGRAPHY LEARNING
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, M., Heryana, R., Heriyanto, I., Saldiana, R., Wahab, A., Tinggi, S., Islam, A., & Bandung, S. (2023). Pendidikan Islam Berbasis Lingkungan : Membangun Kesadaran Ekologis Melaui Nilai-Nilai Keislaman. Pelatihan Pendidikan Sosial Humaniora, 8(2).
Aksa, F. I. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, 33(1), 43. https://doi.org/10.22146/mgi.35682
Amin, S., Utaya, S., Bachri, S., Sumarmi, & Susilo, S. (2020). Effect of problem-based learning on critical thinking skills and environmental attitude. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 743–755. https://doi.org/10.17478/jegys.650344
Anggraeni, N. O., Abidin, Y., & Wahyuningsih, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular tangga Digital Pada Materi Keragamna Budaya Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. PIPSI, 8(01).
Arikunto, S. (2001). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Chabib, M., Tri Djatmika, E., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas Pengembangan Media Perminan Ular Tangga Sebagai Sarana Belajar Tematik SD. Jurnal Pendidikan, 02(07). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Daloukas, V., Rigou, M., & Sirmakessis, S. (2012). Is There A Place For Casual Games In Teaching and Learning? The Snakes and Ladders Case. International Journal of Game-Based Learning, 2(1), 16–32. https://doi.org/10.4018/ijgbl.2012010102
Damayanti, M., Hakim, Z. R., Pribadi, R. A., & Setiawan, S. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Keragaman Pakaian Adat Daerah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 797–807. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.733
Darung, A., Vita Romadon Ningrum, M., & Studi Pendidikan Geografi FKIP Universitas Mulawarman, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis (Materi Dinamika Atmosfer) Development of Geography Learning Media Using Infographic Posters (Atmospheric Dynamics Material). In Jurnal geoedusains (Vol. 1, Issue 1).
De Sisto, M., Ul-Durar, S., Arshed, N., Iqbal, M., & Nazarian, A. (2024). Natural Resource Extraction - Sustainable Development Relationship and Energy Productivity Moderation in Resource-rich Countries: A Panel Bayesian Regression Analysis. Journal of Cleaner Production, 477. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2024.143775
Dewi, T. L., Kurnia, D., & Panjaitan, R. L. (2017). Penggunaan Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran PIPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian wilayah Waktu di Indonesia. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).
Efnandyah, N., & Yulia, C. (2022). Efektivitas Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(2), 696. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13666
Ester, G., & Puteri Ramadhani, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ular Tangga “Sumber Energi” Siswa Kelas IV SDN Pengadegan 07 Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Guru Sekolah Dasar, 6(2).
Hanif Safitri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Marketing Kompetensi Dasar Menganalisis. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 7(02).
Hilmi Rachmadian, R., Masruroh, H., Utaya, S., & Suharto, Y. (2024). Exploration of Students’ Ecological Awareness on the use of Zero Emission Vehicles to Accelerate a Sustainable Campus Environment. SSRN. https://ssrn.com/abstract=5018037
Indrayani, S., Afandi, A., & Wahyuni, E. S. (2021). Literasi Lingkungan dan Kesadaran Lingkungan : Potensi dan Tantangan dalam Pendidikan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2020, FKIP Untad Pontianak-Indonesia, July, 239–245.
Inka, P. G. (2021). Pengembanga Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Materi Sistem Gerak Manusia di MTsN 4 Aceh Barat. Universitas Islam Negeri AR-RANIRY.
Irvan, P. A., & Marwan. (2023). Snake and Ladder: A Learning Media Digital. 200–208. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-158-6_18
Kamil, P. A., Putri, E., Ridha, S., Utaya, S., Sumarmi, & Utomo, D. H. (2020). Promoting environmental literacy through a green project: A case study at adiwiyata school in Banda Aceh City. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 485(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012035
Kholidah, D. R., & Fitrah, I. L. (2024). Pengembangan Media ular Tangga Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Thoriqoh Hidayah. Akselerasi, 5(1), 56–66.
Khomsin & Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.
Kindo, M. D., Adams, A. A., & Mohammed, J. (2024). The Impact of Trade on Environmental Quality and Sustainable Development In Ghana. World Development Sustainability, 4. https://doi.org/10.1016/j.wds.2024.100134
Lessmann, C., & Steinkraus, A. (2019). The Geography of Natural Resources, Ethnic Inequality and Civil Conflicts. European Journal of Political Economy, 59, 33–51. https://doi.org/10.1016/j.ejpoleco.2019.01.005
Listiqowati, I. (2021). Pengaruh Edmodo Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Geografi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9.
Mandasari, M., Nabila2, R. R., Jannah, Z. N., & As’ari, R. (2024). Peranan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Geografi dalam Menumbuhkan Sikap dan Perilaku Keruangan Peserta Didik di SMA Negeri 8 Tasikmalaya. EL-Jughrafiyah, 4(01).
Masrukah., N. M., Badiul Anis, M., & Artikel, S. (2020). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga Bermotif Bangun Datar Pada Pembelajaran Matematika Info Artikel Abstract. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 10–17. https://doi.org/10.24176/jino.v2i2.4526
Norviana, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIII(2), 71–80.
Petrus, S., Suriyanti, Y., & Relita, D. T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 8(1), 266–276. https://doi.org/10.31932/jpe.v8i1.2252
Rikawarastuti, R., Ngatemi, N., & Yusro, M. (2018). Development Of Web-Based Dental Health Ladder Snakes Game For Public Elementary School Students In Indonesia. In Indonesia. World Journal on Educational Technology: Current Issues (Vol. 10, Issue 1). www.wj-et.eu
Robi’in, B. (2017). Sistem Informasi Geografis Sumber Daya Alam Indonesia Berbasis WEB. Jurnal Informatika, 2(2).
Sabila, S., Nabila, K., Ayunda, S. S., & Khasanah, N. (2021). Pengaplikasian Game Edukasi (Ular Tangga) untuk Meningkatkan Konsentrasi terhadap Minat Belajar Peserta Didik. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-499-
Sachan, Ms. A., Pradhan, Dr. A. K., & Mohindra, Dr. V. (2024). Investigating The Role of Natural Resources in BRICS Nations: A Path Towards Sustainable Development. Energy Nexus, 100345. https://doi.org/10.1016/j.nexus.2024.100345
Salimian, S., Mamipour, S., & Salimian, S. (2024). The impact of sanctions on the exploitation of shared natural resources: A game theory approach. Energy Strategy Reviews, 54. https://doi.org/10.1016/j.esr.2024.101447
Septianda, F. (2024). Natural Resource Management Strategy as a Foundation for Inclusive and Sustainable Economic Transformation in the Riau Islands Province. Jurnal Archipelago, 03(1), 17–27.
Suarsini, N., Wesnawa, I., & Kertih, I. W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386
Sumarmi, S., Masruroh, H., Bachri, S., & Suprianto, A. (2023). Farmers Participation in Applying Silvopasture Technology for Organic Fertilizer Production as A Sustainable Agriculture. Geosfera Indonesia, 8(1), 35. https://doi.org/10.19184/geosi.v8i1.34508
Wibowo, N. A., Sumarmi, S., Utaya, S., Bachri, S., & Kodama, Y. (2023). Students’ Environmental Care Attitude: A Study at Adiwiyata Public High School Based on the New Ecological Paradigm (NEP). Sustainability (Switzerland), 15(11). https://doi.org/10.3390/su15118651
Wirjawan, J. V.D., Pratama, D., Pratidhina, E., Wijaya, A., Untung, B., & Herwinarso. (2020). Development of smartphone app as media to learn impulse-momentum topics for high school students. International Journal of Instruction, 13(3), 17–30. https://doi.org/10.29333/iji.2020.1332a
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 05(02), 3928–3936.
Zulfi KH. (2023). Membangun Siswa Sadar Lingkungan Melalui Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Ke Dalam Pembelajaran IPA Di SDN 1 Tegaldlimo Sebagai Alternatif Mewujudkan Sekolah Bersih dan Hijau. Indonesian Journal Of Science Learning, 2023(1), 48. https://doi.org/10.15642/ijsl.v4i1.2326
Refbacks
- There are currently no refbacks.