NOVEL SUCIDE KNOTS KARYA VIE ASANO: KONFLIK BATIN DAN PENDIDIKAN KARAKTER SERTA PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK

Amandha Tito Nursahid, Budhi Setiawan, Sumarwati Sumarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi (1) konflik batin tokoh utama dalam novel Sucide Knots karya Vie Asano. (2) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Sucide Knots karya Vie Asano dan (3) pemanfaatan konflik batin tokoh utama dan nilai pendidikankan karakter dalam novel Sucide Knots karya Vie Asano sebagai materi pembelajaran novel di kelas XI SMK. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian berupa kalimat dalam kutipan atau hasil telaah dokumen novel Sucide Knots karya Vie Asano dan hasil wawancara dengan guru Bahsasa Indondesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. pertama konflik batin dalam teori Sigmund Freud (Id,Ego,Super ego) dalam novel Suicide Knots karya Vie Asano menunjukan Aspek Id Karen menunjukan Id Karen sangat dominan dalam mengarahkan tindakannya, Aspek Ego pada tokoh Karen dalam Suicide Knots tampak mendominasi dalam berbagai situasi konflik yang ia hadapi, Aspe Super Ego Super ego Karen dalam novel Suicide Knots memegang peran sentral dalam membentuk dinamika batinnya. Kedua hasil dari penelitian nilai pendidikan karakter dalam novel Suicide Knots karya Vie Asano menunjukan nilai taggung jawab lebih dominan dengan persentasi 15,6%. Ketiga novel Suicide Knots karya Vie Asano relevan dijadikan sebagai materi ajar pembelajaran Novel di SMK.

Keywords

Novel, konflik batin, nilai pendidikan karakter.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.