PENGARUH MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 PADANG
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan dalam menulis teks prosedur yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Pada penelitian ini pembelajaran menulis teks prosedur dilakukan dengan menerapkan model example non-example. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang dalam menulis teks prosedur setelah menggunakan model example non-example. Jenis penelitian ini, yaitu true experimental design. Terkait dengan desain tersebut, maka diterapkan posttest only control design pada penelitian ini. Berdasarkan hal tersebut, maka pada penelitian ini digunakan 2 kelas, yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 68 siswa sebagai sampel penelitian. Dilihat dari pemerolehan nilai rata-rata tes kemampuan menulis teks prosedur, siswa dari kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,58, sedangkan siswa dari kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 69,30. Hasil uji-t membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel (5,38>1,67) sehingga hipotesis alternatif (H1) diterima pada derajat kebebasan (dk)=(34+34)-2 dan taraf signifikan 95%. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa model example non-example berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang.
Keywords
model example non-example, keterampilan menulis, teks prosedur
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.