IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR: STUDI KASUS DI KELAS VII SMP NEGERI 8 SURAKARTA

Nanda Sukmawati, Budhi Setiawan, Chafit Ulya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada pembelajaran teks prosedur di kelas VII SMP Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah proses pembelajaran, informan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Surakarta, dokumen terkait model pembelajaran berbasis proyek, serta catatan lapangan proses model pembelajaran berbasis proyek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek secara garis besar sudah sesuai dengan sintak model pembelajaran berbasis proyek yakni dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan.

Keywords

model pembelajaran berbasis proyek; teks prosedur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.