CAMPUR KODE BAHASA KARO DALAM INTERAKSI JUAL BELI DI PASAR PANCUR BATU: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Abstract
Campur kode merupakan penggunaan satuan bahasa dari satu bahasa ke bahasa yang lain untuk memperluas gaya bahasa atau ragam bahasa. Campur kode terjadi karena perbedaan latar belakang antar seseorang dengan orang lain. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk campur kode antara pedagang dan pembeli di Pasar Pancur Batu. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode simak dan metode cakap. Dari hasil analisis data ditemukan terdapat 60 data campur kode, yang terdiri dari 39 data berupa penyisipan kata, 10 data penyisipan frasa, 7 data berupa penyisipan pengulangan kata, dan 4 data berupa penyisipan berwujud klausa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.