KONFLIK SOSIAL DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BUKU BESAR PEMINUM KOPI KARYA ANDREA HIRATA

Latifah Riyaningrum, Budhi Setiawan, Budi Waluyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konflik sosial dan nilai pendidikan karakter dalam novel Buku Besar Peminum Kopi karya Andrea Hirata. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra yang berfokus  pada  konflik  sosial.  Data penelitian ini adalah bagian-bagian atau kutipan novel yang bermatan konflik sosial. Yang menjadi sumber data adalah novel Buku Besar Peminum Kopi karya Andrea Hirata. Teknik  pengambilan  sampel  menggunakan  purposive  sampling. Teknik pengumpulan  data  yang digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  analisis  dokumen  dan wawancara mendalam. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis mengalir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) novel Buku Besar Peminum Kopi karya Andrea Hirata mengandung lima dari enam bentuk konflik sosial berdasarkan teori dari Georg Simmel, yaitu konflik pertandingan antagonistik, konflik mengenai prinsip-prinsip dasar (kepentingan), konflik antarpribadi, konflik dalam hubungan intim atau akrab, dan konflik untuk menghancurkan kelompok. Konflik sosial yang paling dominan adalah konflik pertandingan antagonistik, sedangkan konflik hukum tidak ditemukan dalam novel tersebut; dan (2) novel Buku Besar Peminum Kopi karya Andrea Hirata mengandung sembilan pilar pendidikan karakter berdasarkan teori dari Suparlan, yaitu tanggung jawab, rasa hormat, keadilan, keberanian, kejujuran, kewarganegaraan, disiplin diri, peduli, dan ketekunan. Nilai pendidikan karakter yang paling dominan yaitu nilai keberanian dan tanggung jawab. Nilai tersebut ditunjukkan oleh para tokoh melalui ucapan maupun tindakan secara langsung.

Keywords

konflik sosial, novel, pendidikan karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.