ANALISIS MATERI SINTAKSIS PADA BUKU TEKS SISWA KELAS 4-6 DI SEKOLAH DASAR

Astri Juliarahma Pangesti, Muhamad Rafi

Abstract

Pelajaran Bahasa Indonesia ialah pelajaran yang ada di setiap tingkatan sekolah, Termasuk Sekolah dasar. Setiap tingkatan memiliki level yang berbeda dengan tingkatan lainnya berdasarkan tingkat pemahamannya. Hal ini, bisa dilihat pada buku teks yang digunakan. Kesesuaian buku teks dengan pembacanya dapat dianalisis dengan analisis sintaksis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan materi Bahasa Indonesia tentang sintaksis pada buku teks siswa kelas 4-6 sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan berupa analisis dokumen. Data dianalisis dan dijabarkan dari tinjauan  materi sintaksis dalam  buku teks. Sumber data berupa buku teks siswa kelas 4-6 sekolah dasar dengan berbagai jenis buku yang berbeda setiap kelasnya dan memuat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan di kelas 4 terdapat materi kalimat transitif dan intransitif, kalimat majemuk dan konjungsi, kalimat persuasif atau ajakan, kata bilangan atau numeralia, kalimat efektif, kata penghubung, di kelas 5 terdapat materi teks eksplanasi, informasi dalam iklan, dan diksi dalam teks nonfiksi, di kelas 6 terdapat materi teks laporan hasil pengamatan, kalimat efektif, menyusun teks pidato, kata tanya, teks puisi dan imbuhan.

Keywords

bahasa Indonesia; buku teks; materi sintaksis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.