ANALISIS ISI BUKU DETIK-DETIK ASESMEN NASIONAL AKM LITERASI UNTUK SMP/MTs TERBITAN PT INTAN PARIWARA 2020

Muhammad Zidane Yusi Al Majid, Budhi Setiawan, Edy Suryanto

Abstract

Keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat karena guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran menulis teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menggunakan model example non-example, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menggunakan model pembelajaran langsung, (3) menjelaskan pengaruh model example non-example terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen murni. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu posttest only control group design. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menggunakan model pembelajaran langsung tergolong rendah. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang menggunakan model example non-example mengalami peningkatan. Ketiga, model example non-example berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 24 Padang.

Keywords

asesmen nasional, asesmen kompetensi minimum, buku teks pendamping

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.