NOVEL KAMI BUKAN SARJANA KERTAS: UNSUR INTRINSIK, NILAI PENDIDIKAN, DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Sokhibul Fadilah, Robert Rizki Yono, Ghufroni Ghufroni

Abstract

Seringkali para guru SMA kesulitan mengadakan karya sastra dalam pembelajaran tentang unsur intrinsik dan nilai pendidikan sehingga hasil kajian tentang topik tersebut dapat menjadi solusinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  unsur intrinsik, nilai pendidikan, dan implikasi novel Kami Bukan Sarjan Kertas karya Jombang Santani Khairen dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan strukturalisme. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi teori dan metode. Data dianalisis dengan metode heuristik. Hasil penelitian ini menunjukkan novel Kami Bukan Sarjana Kertas Karya Jombang Santani Khairen  (1) merepresentasikan struktur pembangunyang meliputi tema tentang realitas sosial, alurnya majut, tokoh utamanya Ogi dengan beberapa tokoh tambahan, latar utamanya kampus UDEL, sudut pandang yang digunakan adalah orang pertama dan ketiga, gaya bahasa yang dominan adalah ironi, dan amanatnya semua orang berhak memiliki mimpi; (2) memuat nilai pendidikan  religius, jujur, dan tolong menolong; dan (3) kajian  ini dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di sekolah menengah atas dengan Kurikulum 2013 pada kompetensi dasar menganalisis isi dan kebahasaan novel dan merancang novel atau novelet dengan memperhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis.

Keywords

unsur intrinsik; nilai pendidikan; novel “Kami Bukan Sarjana Kertas”

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.