PEMBELAJARAN FLIPPED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS 10 SMA NEGERI 5 SURAKARTA

Lutfhiana Yunita Dewi, Atikah Anindyarini, Kundharu Saddhono

Abstract

Model pembelajaran inovatif banyak dikembangkan seiring dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan dilakukkannya pembelajaran berbasis teknologi, antara lain model flipped learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan keterampilan menulis puisi dengan mengunakan model flipped learning. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 10 IPS 5 SMA Negeri 5 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen, observasi, wawancara, dan tes. Untuk menguji validitas data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran flipped learning dapat meningkatkan interaksi peserta didik dari 41,67% dalam kategori aktif menjadi 47,22% dalam kategori sangat aktif. Selain itu, dalam penelitian ini juga membuktikan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran flipped learning dapat meningkatkan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi peserta didik dari 58,33 pada siklus I menjadi 83,69 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dalam disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran flipped learning dapat meningkatkan interaksi dan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas 10 IPS 5 SMA Negeri 5 Surakarta.

Keywords

flipped learning; interaksi belajar; keterampilan menulis puisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.