POLA PENULISAN NAMA BRAND KOSMETIK
Abstract
Kosmetik yang beredar di pasar sangat beragam, keberagaman brand tersebut diikuti dengan keberagaman nama brand kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pola penulisan pada nama brand kosmetik. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analsisis isi. Teknik pengumpulan data adalah dengan analisis dokumen.. Analisis data dilakukan dengan model analisis mengalir. Hasil penelitian menunjullan ada empat pola penulisan brand kosmetik, yaitu pola singkata, akronim, pemendekan, dan lambang. nama brand kosmetik berupa pemenggalan yang dipasarkan di Indonesia dilakukan meliputi bentuk singkatan, akronim, pemendekan, dan lambang. Singkatan dibentuk dengan menuliskan huruf pertama setiap unsur/kata. Akronim dibentuk melalui pengekalan suku pertama setiap unsur nama, kombinasi suku pertama, suku terakhir pada unsur nama, dan kombinasi suku pertama dan kata pada unsur nama. Pemendekan dibentuk dengan cara pengekalan suku pertama pada kata/unsur nama. Adapun lambang dibentuk dengan menggunakan huruf pertama kata/nama. Pola penulisan nama brand mempengaruhi persepsi konsumen, namun penelitian ini belum mengukur persepsi konsumen terhadap pola nama brand kosmetik sehingga memungkinkan ditindaklajuti peneliti lain.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.