IKLAN GOJEK BERJUDUL JANGAN SEPELEKAN KEKUATAN SEBUAH JEMPOL: ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

Alfian Gilang Pramana, Maman Suryaman

Abstract

Para pelaku bisnis berlomba-lomba untuk membuat iklan dengan kreativitas masing-masing melalui Yotube sebagai media sosial yang populer bagi masyarakat Indonesia.. Salah satunya yaitu Gojek yang belum lama ini menghadirkan iklan berjudul Jangan Sepelekan Kekuatan Sebuah Jempol di Youtube. Penelitian ini bertujuan menginterpretasikan pemaknaan jempol pada iklan tersebut dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Ada 18 versi iklan Gojek untuk judul Jangan Sepelekan Kekuatan Sebuah Jempol di Youtube. Hasil interpretasi iklan ini yaitu adanya pemaknaan kata jempol yang sangat luas. Dari sudut pandang tertentu jempol bisa menjadi sesuatu yang memiliki konotasi positif dan juga negatif. Melalui iklan ini, gojek berusaha mengajak penonton iklan untuk turut andil dalam menciptakan kebermaknaan jempol ke arah yang baik. Pesan inilah yang berusaha disampaikan oleh Gojek. Melalui kreativitasnya, Gojek dapat menghasilkan warna baru terhadap kebermaknaan sebuah jempol.

Keywords

iklan; gojek; jempol; semiotika roland barthes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.