PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN RASA INGIN TAHU SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Irma Martina, Ratu Wardarita, Siti Rukiyah

Abstract

Salah satu nilai karakter yang dapat membangkitkan semangat siswa dalam belajar adalah rasa ingin tahu. Penenlitian ini untuk menguji ada tidaknya pengaruh secara signifikan model discovery learning terhadap tingkat rasa ingin tahu siswa kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman kuasi. Yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VII  yang berjumlah 194 anak didik, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 85 siswa yang terdiri dari kelas VII B dan VII C. Penentuannya dilakukan dengan  sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan analisis dokumen.  Adapun teknik analisis data menggunakan rumus uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan signifikan peningkatan rasa ingin tahu siswa di kelas eksperimen atau kelas yang diterapkan model discovery learning dibandingkan  kelas kontrol atau  kelas yang tidak digunakan model discovery learning  pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil uji t (2,64) yang lebih besar dibandingkan t tabel (1,99). Dengan demikian, direkomendasikan agar discovery learning lebih banyak diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

 

Keywords

model discovery learning; rasa ingin tahu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.