NILAI TOLERANSI DALAM CERPEN-CERPEN TERBITAN KORAN REPUBLIKA DARING DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MATERI AJAR SASTRA DI SMA
Abstract
Cerpen adalah prosa fiksi yang dibangun melalui unsur instrinsik dan ekstrinsik. Penulisan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik, (2) mendeskripsikan nilai toleransi dan (3) membuat relevansi materi ajar sastra. Sumber data penelitian ini adalah 104 judul cerpen yang terbit di koran Republika Daring 2019. Yang menjadi sampel adalah 10 cerpen. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) unsur intrinsik: alurnya mayoritas campuran, tokohnya meliputi protagonis dan antagonis, latarnya meliputi latar tempat, latar waktu dan latar sosial budaya, amanatnya ajakan berperilaku baik, bahasanya populer, sudut pandang didominasi orang ketiga, dan mayoritas bertema Pendidikan; (2) nilai toleransi antara lain: sikap saling menghargai perbedaan pendapat, perbedaan keyakinan, agama, kepercayaan, tidak memaksakan kehendak dan menghargai keputusan orang lain; (3) relevan sebagai materi ajar sastra di SMA.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.