PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA SMA

Liondes Launjara, Dian Nuzulia Armariena, Masnunah Masnunah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa SMA kelas X. Penelitian dilakukan dengan pedekatan eksperimen. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis puisi. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t dengan bantuan SPSS versi 21. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) rata-rata hasil tes siswa kelompok eksperimen yang dapat perlakuan model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil tes siswa kelompok kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dan (2) terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X yang ditunjukkan dengan koefisien thitung sebesar 2,34 atau lebih besar dari koefisien ttabel sebesar 1,669. Dengan demikian, tes hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis media audio visual lebih baik hasilnya daripada tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran biasa.

Keywords

model learning cycle; media audio visual; kemampuan menulis puisi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.