PENGEMBANGAN PENDIDIKAN VOKASI BERBASIS SEKOLAH PRODUKSI BERKEMBANG (TRAINING AND PRODUCTION) PADA KETERAMPILAN MEMBATIK NARAPIDANA WANITA LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS IIB BLITAR
Abstract
Berdasarkan hasil temuan peneliti bahwa pada pelaksanaan pelatihan batik pada Lembaga
Pemasyarakatan Klas IIB Blitar sebelumnya narapidana sangat antusias dalam mengikuti proses pelatihan.
Kemauan belajar narapidana sangat bagus ditunjukan dengan jumlah peserta pelatihan batik. Namun
pelatihan membatik belum dapat dikatakan tuntas hanya sampai permukaannya saja, tidak sampai
mendalam sehingga Warga Binaan (Narapidana) kurang terampil dalam membatik. Kurangnya sistem
pendidikan dan pelatihan tepat dan efektif untuk menghasilkan Warga Binaan (Narapidana) yang terampil
dan berkualitas. Sehingga diperlukan pengembangan pendidikan vokasi/ kejuruan bagi Warga Binaan
(Narapidana) untuk mencapai tujuan dibentuknya Lembaga Pemasyarakatan. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan keterampilan membatik narapidana dan produk hasil membatik narapidana melalui
pengembangan pendidikan vokasi berbasis sekolah produksi berkembang (training and production) pada
narapidana wanita Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Blitar
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran penelitian adalah narapidana
yang berasal dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Blitar dengan jumlah 15 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar
observasi yang dilibatkan adalah 6 observer.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Keterampilan membatik narapidana ditinjau dari
(a) Proses membatik 20% narapidana memperoleh kriteria “Sangat Baik”, sedangkan 80% narapidana
memperoleh kriteria “Baik”. (b) Pada hasil jadi batik bagi narapidana dapat dijelaskan bahwa 7%
narapidana memperoleh kriteria “Cukup Baik”, 86% narapidana memperoleh kriteria “Baik” dan 7%
narapidana memperoleh kriteria “Sangat Baik”
Pemasyarakatan Klas IIB Blitar sebelumnya narapidana sangat antusias dalam mengikuti proses pelatihan.
Kemauan belajar narapidana sangat bagus ditunjukan dengan jumlah peserta pelatihan batik. Namun
pelatihan membatik belum dapat dikatakan tuntas hanya sampai permukaannya saja, tidak sampai
mendalam sehingga Warga Binaan (Narapidana) kurang terampil dalam membatik. Kurangnya sistem
pendidikan dan pelatihan tepat dan efektif untuk menghasilkan Warga Binaan (Narapidana) yang terampil
dan berkualitas. Sehingga diperlukan pengembangan pendidikan vokasi/ kejuruan bagi Warga Binaan
(Narapidana) untuk mencapai tujuan dibentuknya Lembaga Pemasyarakatan. Tujuan dari penelitian ini
adalah mendeskripsikan keterampilan membatik narapidana dan produk hasil membatik narapidana melalui
pengembangan pendidikan vokasi berbasis sekolah produksi berkembang (training and production) pada
narapidana wanita Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Blitar
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Sasaran penelitian adalah narapidana
yang berasal dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Blitar dengan jumlah 15 orang. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar
observasi yang dilibatkan adalah 6 observer.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Keterampilan membatik narapidana ditinjau dari
(a) Proses membatik 20% narapidana memperoleh kriteria “Sangat Baik”, sedangkan 80% narapidana
memperoleh kriteria “Baik”. (b) Pada hasil jadi batik bagi narapidana dapat dijelaskan bahwa 7%
narapidana memperoleh kriteria “Cukup Baik”, 86% narapidana memperoleh kriteria “Baik” dan 7%
narapidana memperoleh kriteria “Sangat Baik”
References
Pavlova, M. 2009. Technology and Vocational
Education for SustainableDevelopment:
Empowering Individuals for The Future.
Australia:Springer.
Heru Subroto, 2004. Kinerja Unit Produksi SMK
Negeri kelompok Teknologi dan Industri
di Jawa Tengah. Tesis. Program
Pascasarjana Universitas Negeri
Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar – Dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi
Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.