PENYUSUNAN MODUL REPAIR WELDING METODE OKSI-ASETILIN DAN PERLAKUAN PREHEATING PADA CAST WHEEL ALUMUNIUM UNTUK MATA KULIAH TEKNIK

Ayub Budhi Anggoro

Abstract

Peningkatan mutu pelaksanaan pembelajaran di universitas khususnya untuk pendidikan teknologi dan kejuruan dilakukan dengan berbagai strategi, salah satu di antaranya melalui penerapan pendekatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi (competency based education and training). Pendekatan berbasis kompetensi digunakan sebagai acuan dalam pengembangan bahan ajar. Saat ini pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Modul dapat membantu universitas dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Tujuan artikel ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar melalui pemanfaatan hasil penelitian. Dari review literature berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil-hasil penelitian layak digunakan sebagai rujukan pengembangan modul karena lebih efektif, aplikatif dan memenuhi unsur up to date.

References

Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Mustaji. 2008. Pembelajaran Mandiri. Surabaya: Unesa FIP.

Parmin, E.Peniati. 2012. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. (Online), 1 (1) (2012) 8-15, (journal.unnes.ac.id/artikel_nju/pdf/jpii/2006/2120), diakses 1 November 2016

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suryadi, Porang, Silmenes. 1980. Penuntun Penyusunan Paper, Skripsi, Thesis, Desertasi, beserta Cara Pengetikkannya. Surabaya: Karya Anda.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.