Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Gambar Teknik Mesin Di Kelas X Tmc Smk Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Hasil belajar siswa pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta masih tergolong rendah. Penggunaan model pembelajaran pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta belum sesuai dengan karakteristik siswa yang ada pada kelas X TMC tersebut. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta bisa meningkatkan hasil belajar pada siswa di kelas tersebut. Siswa dibagi secara heterogen menjadi beberapa kelompok kecil yang di dalamnya terdapat 4 sampai 6 siswa, inilah yang disebut kelompok asal. Setiap siswa dalam kelompok mendapat masing-masing 1 sub materi, siswa dengan sub materi yang sama dikelompokkan lagi untuk berdiskusi, inilah yang disebut sebagai kelompok Ahli. Siswa kembali ke kelompok asal untuk saling mengajari. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas X TMC terhadap mata pelajaran gambar teknik mesin mengalami peningkatan. Pada pratindakan, yaitu 45,95% atau terdapat 17 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal meningkat menjadi 54,05% atau terdapat 20 siswa yang tuntas dari 37 siswa. Penelitian dilanjutkan ke siklus II karena indikator kinerja penelitian sebesar 75% belum tercapai. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 81,08%. Dengan demikian indikator kinerja penelitian telah tercapai. Nilai rata-rata pada pratindakan, yaitu 65,50; pada siklus I meningkat menjadi 72,23; dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,77. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat menigkatkan hasil belajar gambar teknik mesin pada siswa kelas X TMC di SMK Bhinneka Karya Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.
Full Text:
PDFReferences
Hamdani (2011), Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia.
Purwanto N. (2013), Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung.
PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2015), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. IKAPI.
Suwandi. S (2009). Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : FKIP UNS.
Refbacks
- There are currently no refbacks.