Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Tma Smk Bhinneka Karya Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Patrisius Martinus, Budi Harjanto, Basori Basori

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keberhasilan dalam meningkatkan hasil belajar ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas X TMA pada pembelajaran Gambar Teknik di SMK Bhinneka Karya Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Think Pair and Share.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Alur penelitian tiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 39 siswa kelas X TMA SMK Bhinneka Karya Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Metode-metode tersebut digunakan untuk kepentingan triangulasi teknik sebagai uji validitas data. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa meningkat pada masing-masing penilaian, yaitu hasil belajar kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), psikomotorik (keterampilan). Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari 58,97% menjadi 63,88% pada siklus 1dan pada siklus 2 sebesar 86,11% siswa mampu mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Hasil belajar afektif siswa meningkat dari 48,71% menjadi 72,22% pada siklus 1 dan pada siklus 2 sebesar 88,89% siswa yang mencapai KKM. Hasil belajar psikomotorik meningkat pula dari 56,41% menjadi 61,11% pada siklus 1 dan pada siklus 2 sebesar 83,33% siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair and Share pada pembelajaran Gambar Teknik dapat meningkatkan hasil belajar  ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas X TMA SMK Bhinneka Karya Surakarta dengan ketercapaian indikator keberhasilan lebih dari 80% dari keseluruhan siswa telah mencapai KKM untuk setiap jenis hasil belajar.

 

Kata kunci: Hasil belajar, Gaya Belajar Visual, Model Pembelajaran Think Pair and Share, Penelitian Tindakan Kelas. 

Full Text:

PDF

References

Campbell, Scott and Fainstein, Susan S. (1996). Reading in Planning Theory. Cambridge. Blackwell Publishers.

Marfai, M.A., King, L., Sartohadi, J., Sudrajat, S., Budiani, S.R., and Yulianto, F, (2008). The impact of tidal flooding on a coastal community in Semarang, Indonesia. Environmentalist, 28: p. 237-248.

Perraudeau, M., (1988). Luminance models. In National Lighting Conference. Cambridge, UK, March 27-30.

International Daylight Monitoring Programme, [Online], Diakses di: http://idmp.entpe.fr/ [16 Juni 2008].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.