Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X TMB Dengan Metode Quantum Learning pada Mata Pelajaran Teknik Bubut Di SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa melalui metode Quantum Learning guna tercapainya nilai ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa pada mata pelajaran teknik bubut kelas X pemesinan SMK N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TMB SMK N 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pegumpulan data yang digunakan diantaranya adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Uji validitass data dilkukan dengan meminta pendapat para ahli. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran teknik bubut. Hal ini dapat dibuktikan pada kegiatan observasi prasiklus, presentase motivasi siswa sebesar 62,5% setelah menerapkan metode Quantum Learning pada siklus I meningkat 75,68% kemudian disiklus II meningkat sampai 82,90%. Sedangkan hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dari nilai tes setiap siklus. Pada prasiklus yaitu menerapan metode ceramah untuk rata-rata hasil belajar kognitif sebesar 25% sedangkan setelah menerapan metode Quantum Learning pada siklus I Hasil belajar pada ranah kognitif meningkat menjadi 50%. Kemudian pada siklus II untuk ranah kognitif meingkat menjadi 84,37% kesimpulan penelitian bahwa menerapkan metode Quantum Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik bubut kelas X TMB SMK N 5 Surakarta.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Quantum Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Teknik Bubut.
Full Text:
PDFReferences
Akhyar, M. 2009. Asesmen Pembelajaran. Surakarta: Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS
Agus, Suprijono. 2015. Comperative Learning Teori dan Aplikasi PIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Deporter Bobbi & Mike Hernacki; Penerjemah, Alwiyah Abdulrahman, 2006. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa
Hamzah, Uno. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Memciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Peraturan Pemerintah No 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah
Peraturan Pemerintah No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional
Purwanto.2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sunaryo. PVM.2001. Penerapan Prinsip-Prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses Pembelajaran IPA di SD di Kodya Tegal dalam Jurnal Pendidikan Volume 2.1 http://202.159.183.43./jp/21sunaryo.htm.
Refbacks
- There are currently no refbacks.