Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Praktik Melalui Model Pembelajaran Practic Rehearsal Pairs Pada Mata Pelajaran Mesin Bubut Xi Teknik Permesinan Smk Murni 1 Surakarta

M. Apri Zakaria, M. Akhyar M. Akhyar, Basori Basori

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan hasil praktik siswa pada pembelajaran praktik pemesinan kelas XI TP Kelompok A SMK Murni 1 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran practicee rehearsal pairs (praktik berpasangan). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,  dan  refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  XI TP Kelompok A SMK Murni 1 Surakarta yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data  dilakukan melalui tes,  observasi, dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi belajar siswa mengalami  peningkatan pada  tiap siklusnya. Pada  tahap pra siklus hasil motivasi belajar siswa  adalah 34% meningkat pada siklus I menjadi 71,4% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85,7%. Hal ini menunjukan bahwa persentase hasil motivasi belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan minat belajar siswa yaitu ≥80%. Persentase hasil praktik sebelum tindakan atau tahap pra siklus siswa yang dinyatakan lulus ada 43% siswa, sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas sebanyak 64% siswa, dan pada siklus II mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas pada siklus II 78,5% dari 14 siswa.

 

Kata kunci : Practic Rehearsal Pairs, Mesin Bubut, Motivasi Belajar, Hasil Praktik.

Full Text:

PDF

References

Daftar Pustaka

Akhyar, M. (2009). Asesmen Pembelajaran. Surakarta: Pendidikan Profesi Guru FKIP UNS.

Arikunto, S., & Jabar, C.S.A. (2014). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN : Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan.Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Darmadi, H. (2015). Desain Dan Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Bandung:Alvabeta, Cv.

Daryanto (2009). Panduan proses pembelajaran kreatif & inovativ belajar. Surakarta: Usaha Dagang Buku KURNIA.

M. Thobroni & Arif Mustofa (2013). Belajar & Pembelajaran.Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Sardiman, A. M. (2014) Kharisma Putra Utama Offset. Interaksi dan Motivasi Belajar- Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Uno, H.B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya.Jakarta: PT Bumi Aksara

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S.A. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.