Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mesin Bubut Dasar Kelas XI TP SMK Murni 1 Surakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh keberhasilan peningkatan prestasi belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Togetherpada mata pelajaran Mesin Bubut Dasar.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI TP SMK Murni 1 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa meningkat pada masing-masing penilaian yaitu, hasil belajar (kognitif), afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Hasil nilai belajar siswa pada pra siklus menghasilkan 16%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72% dan meningkat lagi disiklus II 88%. Peneliti juga mengamati sikap dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran dengan model Numbered Heads Together. Hal ini terlihat dari hasil observasi sikap siswa pada siklus I menghasilkan 72% , lalu naik pada siklus II menjadi 80%. Hasil keterampilan siswa pada siklus I menghasilkan 64%, lalu meningkat pada siklus II menjadi 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together sudah optimal dilihat tercapainya indikator kinerja penelitian 80%.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Hamalik, Oemar (2013). Proses belajar mengajar. Jakarta.: Pt bumi aksara
Hamdani.(2010). Strategi belajar mengajar. Bandung: cv pustaka setia
Suprijino, Agus. (2012). Cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : pustaka pelajar.
Isjoni. (2013). Pembelajaran kooperatif meningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Aqib, Zainal, (2014). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: yrama widya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.