Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pengelasan Las Listrik Melalui Pendekatan Pembelajaran Paikem Pada Siswa Kelas X TPM II SMK Pancasila Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Imanuel Dalapang, Suharno Suharno, Husin Bugis

Abstract

Hasil belajar siswa pada kelas X TPM II di SMK Pancasila Surakarta masih tergolong rendah. Penggunaan model pembelajaran pada kelas X TPM II di SMK Pancasila Surakarta belum sesuai dengan karakteristik siswa yang ada pada kelas X TPM II tersebut. Pendekatan pembelajaran PAIKEM pada siswa kelas X TPM II di SMK Pancasila Surakarta bisa meningkatkan hasil belajar pada siswa di kelas tersebut. Siswa dibagi secara heterogen menjadi beberapa kelompok kecil yang di dalamnya terdapat 4 sampai 6 siswa, inilah yang disebut kelompok asal. Setiap siswa dalam kelompok mendapat masing-masing 1 sub materi. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa kelas X TPM II terhadap mata pelajaran pengelasan las listrik mengalami peningkatan. Nilai rata-rata kelas mata pelajaran pengelasan las listrik pada pra tindakan adalah 71,8 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 36,67%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 74,66 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 66,66%. Pada siklus II nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 84 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan model pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TPM II SMK PANCASILA Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, pengelasan las listrik, Pendekatan PAIKEM

Full Text:

PDF

References

Riyanto.(2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto.(2013). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdurrahman, M.(2003). Pendidkan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah, U.(2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Warsono & Hariyanto.(2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Daryanto.(2012). Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media.

Suwahyo,(2011). Mengelas Dengan Proses Las Busur Listrik Manual. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.